Pengaruh Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Semester I Tahun Ajaran 2004 / 2005 SMA Negeri I Gemolong Kabupaten Sragen.

This item was filled under [ Pendidikan Ekonomi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (111 votes cast)

Skripsi jurusan pendidikan ekonomi : Pengaruh Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Semester I Tahun Ajaran 2004 / 2005 SMA Negeri I Gemolong Kabupaten Sragen.

Susilowati, Harning, Setyo. 2005.Skripsi jurusan pendidikan ekonomi , Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktorindividual maupun sosial. Salah satu faktor individual yang sangat berperan dalammenentukan prestasi belajar siswa adalah disiplin belajar. Dan beberapa faktorsosial yang memberikan kontribusi yang besar terhadap pencapaian prestasibelajar adalah faktor lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimanadisiplin belajar siswa kelas X Semester I Tahun Ajaran 2004/2005 SMA N IGemolong ?, (2) Bagaimana lingkungan keluarga siswa kelas X Semester I TahunAjaran 2004/2005 SMA N I Gemolong ?, (3) Bagaimana lingkungan sekolahsiswa kelas X Semester I Tahun Ajaran 2004/2005 SMA N I Gemolong ? (4)Bagaimana prestasi belajar siswa kelas X Semester I Tahun Ajaran 2004/2005SMA N I Gemolong ? (5) Seberapa besar pengaruh disiplin belajar, lingkungankeluarga dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas X SemesterI Tahun Ajaran 2004/2005 SMA N I Gemolong ? Penelitian ini bertujuan untukmengetahui : (1) Bagaimana disiplin belajar siswa kelas X Semester I TahunAjaran 2004/2005 SMA N I Gemolong ?, (2) Bagaimana lingkungan keluargasiswa kelas X Semester I Tahun Ajaran 2004/2005 SMA N I Gemolong ?, (3)Bagaimana lingkungan sekolah siswa kelas X Semester I Tahun Ajaran2004/2005 SMA N I Gemolong ? (4) Bagaimana prestasi belajar siswa kelas XSemester I Tahun Ajaran 2004/2005 SMA N I Gemolong ? (5) Seberapa besarpengaruh disiplin belajar, lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadapprestasi belajar siswa kelas X Semester I Tahun Ajaran 2004/2005 SMA N IGemolong ?

Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X semester I Tahun Ajaran 2004/ 2005 SMA Negeri I Gemolong. Yaitu berjumlah 280 siswa. Pengambilan sampelyang berjumlah 127 siswa dilakukan dengan random sampling. Ada 4 (empat)variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu : (1) Disiplin Belajar, (2)Lingkungan Keluarga, (3) Lingkungan Sekolah dan (4) Prestasi Belajar. Alatpengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Didukungdengan metode yang lain yaitu : dokumenter, observasi langsung dan wawancara.

Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik deskriptif, teknik analisis faktorkonfirmatori dan analisis Structural Equation Modeling (SEM).Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin belajar siswa kelas Xsemester I tahun ajaran 2004 / 2005 termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini dapatdilihat dari skor hasil penelitian sebesar 2,722 pada interval 2,17-3,25.Lingkungan keluarga termasuk dalam kategori baik yang mencapai 2,713 padainterval 2,17-3,25. Begitu pula dengan lingkungan sekolah termasuk dalamkategori baik yang mencapai 2,7115 pada interval 2,51-3,25. Terdapat korelasiyang signifikan antara disiplin belajar, lingkungan keluarga, lingkungan sekolahdan prestasi belajar. Hal ini dapat dilihat dari analisis regression weights sebesarnilai C.R > 1,96 pada tingkat signifikansi 0,05%. Besarnya pengaruh lingkungankeluarga terhadap prestasi belajar melalui disiplin belajar sebesar 4,41% danlingkungan sekolah berpengaruh terhadap prestasi belajar melalui disiplin belajarsebesar 5,67%. Indikator-indikator yang berpengaruh positif sudah baik. Tetapimasih ada indikator-indikator yang berpengaruh negatif yaitu : siswa kurangteratur dalam belajar di rumah, siswa kurang baik dalam mengerjakan tugas disekolah. Hal ini disebabkan oleh lingkungan keluarga berupa perhatian orang tua,cara orang tua mendidik anak, fasilitas belajar yang kurang. Lingkungan sekolahyang berupa metode mengajar guru yang membosankan dan ketidakdisiplinanguru masuk kelas.

Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa disiplinbelajar, lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah yang sudah baik, merupakanmodal yang berharga bagi pencapaian prestasi belajar secara optimal. Prestasibelajar siswa kelas x semester I tahun ajaran 2004 / 2005 sudah cukup baik, tetapimasih perlu untuk ditingkatkan karena belum optimal. Adanya pengaruh yangsignifikan antara disiplin belajar, lingkungan keluarga dan lingkungan sekolahterhadap prestasi belajar perlu diperhatikan agar dapat menjadi fungsional dalammeningkatkan prestasi belajar siswa pada tahun-tahun yang akan datang.Indikator-indikator yang masih berpengaruh negatif terhadap prestasi belajar perluuntuk dicermati.

Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para siswa, guru,kepala sekolah dan orang tua. Siswa diharapkan mampu meningkatkankedisiplinan diri dalam belajar tanpa paksaan dari orang lain. Guru dapatmenerapkan metode mengajar yang bervariasi serta memberikan keteladanandalam menciptakan disiplin belajar di sekolah. Kepala sekolah hendaknyamenetapkan sanksi yang tegas terhadap pelanggaran kedisiplinan yang dilakukanoleh guru dan siswa. Orang tua perlu memberikan perhatian kepada anak,memperbaiki cara mendidik anak dan menyediakan fasilitas belajar (ruangbelajar) yang memadai.

Download

Pengaruh Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Semester I Tahun Ajaran 2004 / 2005 SMA Negeri I Gemolong Kabupaten Sragen., 4.8 out of 5 based on 111 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets