Pengaruh Earning Per Share (EPS), Dividen Per Share (DPS) Dan Financial Leverage (FL) terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Jakarta Periode 2000-2002.

This item was filled under [ Ekonomi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (110 votes cast)

Skripsi Jurusan Ekonomi : Pengaruh Earning Per Share (EPS), Dividen Per Share (DPS) Dan Financial Leverage (FL) terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Jakarta Periode 2000-2002.

Madichah. 2005.Skripsi jurusan ekonomi, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Naik turunnya harga saham tergantung dari kekuatan tarik menarik antarapermintaan dan penawaran akan saham di pasar modal. Pemahaman akan hargasaham dan faktor-faktor yang mempengaruhi perubahannya sangat penting karenadapat memberikan informasi bagi pemodal atau calon pemodal dalam melakukaninvestasi berupa saham. Bagi investor informasi tentang Earning Per Share(EPS), Dividen Per Share (DPS) dan Financial Leverage (FL) menjadi kebutuhanyang sangat mendasar dalam kebutuhan pengambilan keputusan. Oleh karena itupeneliti tertarik melakukan penelitian tentang Pengaruh Earning Per Share (EPS),Dividen Per Share (DPS), dan Financial Leverage (FL) Terhadap Harga SahamPada Perusahaan Manufaktur di BEJ. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1)Mengetahui apakah ada pengaruh Earning Per Share (EPS) terhadap harga sahamperusahaan manufaktur di BEJ periode 2000-2002, 2) Mengetahui apakah adapengaruh Dividen Per Share (DPS) terhadap harga saham perusahaan manufakturdi BEJ periode 2000-2002, 3) Mengetahui apakah ada pengaruh FinancialLeverage (FL) terhadap harga saham perusahaan manufaktur di BEJ Periode2000-2002 dan 4) Mengetahui apakah ada pengaruh antara Earning Per Share (EPS),Dividen Per Share (DPS) dan Financial Leverage (FL) secara bersama-samaterhadap harga saham perusahaan manufaktur di BEJ periode 2000-2002.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan go public (emiten)sektor manufaktur yang sahamnya tercatat di BEJ periode Januari 2000 sampaiDesember 2002. Sampel penelitian diambil berdasarkan teknik purposivesampling. Teknik ini memilih kelompok target tertentu untuk memperolehinformasi. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel penelitian adalah sebanyak33 perusahaan manufaktur. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari EPS, DPSdan FL sebagai variabel bebas dan harga saham sebagai variabel terikat. Metodepengumpulan data menggunakan dokumentasi untuk mendapatkan data mengenaiEPS, DPS, FL dan harga saham. Analisis data menggunakan analisis regresiganda.

Berdasarkan hasil analisis regesi ganda diperoleh persamaan regesi Yˆ =1672,565 + 1,782X1 + 0,523X2 – 388,650X3. Uji keberartian persamaan regesidengan uji diperoleh Fhitung = 25.588 dengan harga signifikansi sebesar 0,000.Karena harga signifikansi yang diperoleh kurang dari 0,05, yang berarti adapengaruh secara simultan antara EPS, DPS dan FL berpengaruh terhadap hargasaham. Hasil uji parsial diperoleh t1 =5,630 dengan harga signifikansi 0,000 <0,05, hal ini berarti ada pengaruh antara EPS terhadap harga saham, t2 = 0,346dengan signifikansi 0,732 > 0,05, hal ini menunjukkan bahwa tidak ada pengaruhantara DPS terhadap harga saham, dan t3 = -0,378 dengan signifikansi 0,708 >0,05, hal ini berarti bahwa tidak ada pengaruh antara FL terhadap harga saham.Besarnya pengaruh secara simultan antara EPS, DPS dan FL terhadap hargasaham adalah 58,8%. Besarnya pengaruh masing-masing variabel yaitu EPSterhadap harga saham yaitu 52,27%, DPS terhadap harga saham yaitu 0,41% dan FL terhadap harga saham yaitu 0,49%. Karena pengaruh DPS dan FL relatifsangat kecil maka dapat diabaikan.

Mengacu dari hasil penelitian, dimana EPS berpengaruh secara signifikanterhadap harga saham, maka peneliti dapat mengajukan beberapa saran antaralain : 1) Bagi perusahaan-perusahaan manufaktur yang go public dan ikutmenjual sahamnya di BEJ hendaknya meningkatkan EPSnya agar saham-sahamdari perusahaan tersebut menjadi prioritas investor dalam membeli sahamnyasehingga harga saham perusahan tersebut dapat meningkat, dan 2) Selainmemperhatikan keadaan perusahaan, kondisi umum industri yang sejenis, danfaktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi kondisi dan prospek perusahaan dimasa yang akan datang, kondisi perdagangan efek, fluktuasi kurs, volumetransaksi, lingkungan yaitu yang mencakup kondisi ekonomi, politik, dankeamanan negara hendaknya para investor juga memperhatikan EPS dan DPSsebagai bahan pertimbangan dalam melakukan transaksi pembelian saham.

Download

Pengaruh Earning Per Share (EPS), Dividen Per Share (DPS) Dan Financial Leverage (FL) terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Jakarta Periode 2000-2002., 4.8 out of 5 based on 110 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets