Pengaruh Earning Per Share, Price Earning Ratio, dan Debt to Equity Ratio terhadap Return Saham pada Perusahaan Properti yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta.

This item was filled under [ Ekonomi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (110 votes cast)

Tugas akhir akuntansi : Pengaruh Earning Per Share, Price Earning Ratio, dan Debt to Equity Ratio terhadap Return Saham pada Perusahaan Properti yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta.

Esti Puji Astutik. 2005. Skripsi jurusan ekonomi, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Setiap investor dalam menanamkan modalnya, selalu mengharapkan return sahamyang tinggi. Oleh sebab itu para investor harus dapat menilai perusahaan manayang memiliki laba yang tinggi sehingga return sahamnya juga tinggi. Untukmenilai kemampuan perusahaan dalam mengahasilkan laba, diperlukan analisisrasio keuangan diantaranya EPS (Earning Per Share), PER (Price Earning Ratio),Dan Debt to Equity Ratio.Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah:(1) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan baik secara simultan maupunparsial antara EPS, PER, dan DER terhadap return saham pada perusahaanproperti yang terdaftar di BEJ?, (2) Seberapa besar pengaruh antara EPS, PER,dan DER terhadap return saham pada perusahaan properti yang terdaftar di BEJ?.Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh yangsignifikan baik secara simultan maupun parsial antara EPS, PER, dan DERterhadap return saham pada perusahaan properti yang terdaftar di BEJ, (2) Untukmengetahui seberapa besar pengaruh EPS, PER, dan DER terhadap return sahampada perusahaan properti yang terdaftar di BEJ.

Populasi penelitian ini adalah perusahaan property dan real estate yangterdaftar di Bursa Efek Jakarta tahun 2004 yang berjumlah 34 perusahaan.Pengambilan sampel yang berjumlah 19 perusahaan properti yang terdaftar di BEJdilakukan dengan purposive sampling. Variabel bebas yang diteliti dalampenelitian ini, yaitu: (1) Earning Per Share, (2) Price Earning Ratio, dan (3) Debtto Equity Ratio, sedangkan variabel terikatnya adalah return saham.

Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodedokumentasi. Data-data dalam penelitian ini merupakan data yang bersumber dariLaporan Keuangan Tahunan emiten/perusahaan dalam Indonesian Capital MarketDirectory (ICMD) 2001 – 2004. Data yang diperoleh dianalisis dengan regresiberganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel EPS,PER, dan DER berpengaruh secara signifikan terhadap return saham, hal ini dapatdilihat dari nilai Fhitung (7,130) > Ftabel (2,78) dan besarnya nilai probabilitasadalah 0,039 lebih kecil dari 0,05. Besarnya pengaruh EPS, PER, dan DERterhadap return saham secara simultan adalah 37,1%. Sedangkan secara parsial,variabel EPS berpengaruh secara signifikan terhadap return saham padaperusahaan properti yang terdaftar di BEJ, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung(2,271) > ttabel (2,01) dan memiliki probabilitas value sebesar 0,009 lebih kecildari 0,05. Besarnya pengaruh EPS terhadap return saham adalah 32%. VariabelPER tidak berpengaruh secara signifikan terhadap return saham, hal ini dapatdilihat dari nilai thitung (-0,593) < ttabel (2,01) dan besarnya probabilitas valueadalah 0,556 lebih besar dari 0,05. Variabel DER juga tidak berpengaruh secarasignifikan terhadap return saham, hal ini dapat dilihat dari nilai thitung (-1,368)

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa secara simultanvariabel EPS, PER, dan DER berpengaruh secara signifikan terhadap returnsaham, dan besarnya pengaruh adalah 37,1%. Namun secara parsial hanyavariabel EPS yang berpengaruh terhadap return saham, dan pengaruhnya sebesar32%. Sedangkan variabel PER dan DER tidak berpengaruh terhadap returnsaham, besarnya sumbangan PER dan DER untuk memprediksi return sahamadalah 2,1% dan 2,9%. Dengan demikian hanya variabel EPS yang dominan dandapat digunakan untuk memprediksi return saham. Hasil penelitian ini diharapkandapat bermanfaat bagi para investor dan pihak lain yang membutuhkan. Parainvestor dalam menanamkan modalnya dapat menggunakan variabel EPS untukmemprediksi return sahamnya. Namun selain EPS, para investor juga perlumempertimbangkan faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian inimisalnya beta, ukuran perusahan, maupun kondisi sosial, politik, dan ekonomi

Download

Pengaruh Earning Per Share, Price Earning Ratio, dan Debt to Equity Ratio terhadap Return Saham pada Perusahaan Properti yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta., 4.8 out of 5 based on 110 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets