Pengaruh Efektivitas Sistem Pengendalian Intern Terhadap Keberhasilan Usaha KPRI di Kota Semarang.

This item was filled under [ Pendidikan Ekonomi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (110 votes cast)

Skripsi jurusan pendidikan ekonomi : Pengaruh Efektivitas Sistem Pengendalian Intern Terhadap Keberhasilan Usaha KPRI di Kota Semarang.

Parno. 2005. Skripsi jurusan pendidikan ekonomi , Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Sebagai organisasi bisnis atau perusahaan yang dikelola atas dasar asaskekeluargaan, koperasi harus taat pada prinsip pengelolaan yang sehat, transparandan terpertanggung jawab dan bersikap adil dalam pencapaian tujuan bersama.Laporan pertanggungjawaban harus dapat mencerminkan bagaimana pengurusmendesain pengelolaan usaha agar semua kekayaan koperasi aman dari semuatindakan yang dapat merugikan dan pelaporan keuangan mencerminkan faktayang sesungguhnya dan bebas dari salah saji material. Oleh karena itu pengurusmemerlukan alat manajemen sebagai media pengendali, yaitu pengendalian intern.Salah satu faktor untuk meningkatkan keberhasilan usaha KPRI adalah efektivitassistem pengendalian intern.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Adakah pengaruhefektivitas sistem pengendalian intern terhadap keberhasilan usaha KPRI di KotaSemarang ?. (2) Seberapa besar pengaruh efektivitas sistem pengendalian internterhadap keberhasilan usaha KPRI di Kota Semarang ?. Penelitian ini bertujuan :(1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh efektivitas sistem pengendalianintern terhadap keberhasilan usaha KPRI di Kota Semarang ?. (2) Untukmengetahui seberapa besar pengaruh efektivitas sistem pengendalian internterhadap keberhasilan usaha KPRI di Kota Semarang ?

Populasi penelitian ini adalah Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI)yang menjadi anggota Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia (PKPRI) diKota Semarang yang berjumlah 63 KPRI. Penentuan sampel penelitian sebanyak16 KPRI dengan teknik Cluster Random Sampling. Variabel dalam penelitian iniada dua yaitu efektivitas sistem pengendalian intern sebagai variabel bebas dankeberhasilan usaha KPRI sebagai variabel terikat. Metode pengambilan datadalam penelitian ini menggunakan metode angket, metode dokumentasi danmetode wawancara. Penelitian ini menggunakan data gabungan antara time seriesdata dan cross section data. Untuk menganalisis data yang diperolehmenggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi satu prediktor.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa data efektivitas sistem pengendalianintern KPRI di Kota Semarang skor yang diperoleh sebesar 437 dibandingkandengan skor maksimum 608 atau sebesar 71,9 %. Data keberhasilan usaha KPRIdi Kota Semarang benar-benar sesuai dengan standar dari Dep. Kop yaitu rata-ratasebesar 118,0175 %.

Dari hasil pengolahan data diketahui bahwa nilai F hitung sebesar 6,955,sedangkan F tabel pada taraf signifikansi 5 % db 1/14 sebesar 4,60. Dengandemikian hipotesis nol (Ho) dalam penelitian ini dinyatakan ditolak dan hipotesiskerja (Ha) yang berbunyi “keberhasilan usaha KPRI di Kota Semarangdipengaruhi oleh efektivitas sistem pengendalian intern” dinyatakan diterima.Sumbangan efektif variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 0,332 atau33,20 %, sedangkan sisanya sebesar 66,80 % dipengaruhi oleh variabel lain yangtidak diungkap dalam penelitian ini.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dataefektivitas sistem pengendalian intern KPRI di Kota Semarang rata-rata termasukdalam klasifikasi efektif. Data keberhasilan usaha KPRI di kota Semarang sesuaidengan standar dari Dep. Kop. Keberhasilan usaha KPRI di Kota Semarangdipengaruhi oleh efektivitas sistem pengendalian intern.

Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagipengurus KPRI didalam mendesain dan mengimplementasikan sistempengendalian intern yang memadai dalam pengelolaan usaha koperasi, sehinggadapat meningkatkan kinerja koperasi. Salah satu caranya yaitu denganeningkatkan mutu kinerja manajemen yang profesional melalui pendidikan danpelatihan bagi pengurus, manajer dan karyawan.

Download

Pengaruh Efektivitas Sistem Pengendalian Intern Terhadap Keberhasilan Usaha KPRI di Kota Semarang., 4.9 out of 5 based on 110 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets