Pengaruh Efektivitias Pengendalian Intern Kredit dan Likuiditas terhadap Rentabilitas pada PD BPR-BKK di Kabupaten Tegal.

This item was filled under [ Ekonomi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (112 votes cast)

Skripsi jurusan ekonoomi: Pengaruh Efektivitias Pengendalian Intern Kredit dan Likuiditas terhadap Rentabilitas pada PD BPR-BKK di Kabupaten Tegal.

Laili Nurul Hayati. 2005. Skripsi jurusan ekonomi, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Kegiatan utama PD BPR BKK di Kabupaten Tegal adalah pemberiankredit, dan merupakan sumber pendapatan utama bagi bank. Dengan memberikankredit kepada masyarakat perusahaan (PD BPR BKK) akan memiliki kredit yangmemberikan penangguhan penerimaan uang, dengan begitu akan memberikanpengaruh yang kurang baik apabila pemberian kredit yang dilakukan terlau besarsehingga terjadi penumpukan modal kerja dalam kredit. Dengan penimbunanmodal kerja tersebut akan mempengaruhi pendanaan perusahaan dalammenjalankan aktivitas usahanya yang secara langsung maupun tidak langsungmenghambat kegiatan operasional perusahaan. Aktivitas pemberian kredit dalamhal ini sangat penting karena menyangkut modal kerja dalam kredit dan likuiditasserta berpengaruh terhadap rentabilitas yang akan dicapai. Semakin besar proporsipemberian kreditnya memperbesar jumlah investasi dalam kredit walaupun iniberarti semakin besar resikonya tetapi bersamaan dengan itu juga memperbesarrentabilitas. Semakin ketat atau efektif pengendalian intern kredit maka samakintinggi likuiditas karena tidak semua orang diberi kredit, akhirnya banyakuangyang menganggur. Begitupula sebaliknya semakin longgar atau tidak efektifpengendalian intern kredit maka likuiditas turun.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Seberapa besar pengaruhefektivitas pengendalian intern kredit terhadap likuiditas pada PD BPR BKK diKabupaten Tegal ? 2) Seberapa besar pengaruh likuiditas terhadap rentabilitaspada PD BPR BKK di Kabupaten Tegal ? 3) Seberapa besar pengruh efektivitaspengendalian intern kredit dan likuiditas terhadap rentabilitas pada PD BPR BKKdi Kabupaten Tegal?

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menemukenali tingkat pengaruhefektivitas pengendalian intern kredit, terhadap likuiditas pada PD BPR BKK diKabupaten Tegal. 2) menemukenali tingkat pengaruh likuiditas terhadaprentabilitas pada PD BPR BKK di Kabupaten Tegal. 3) Untuk menemukenalitingkat pengaruh efektivitas pengendalian intern kredit dan likuiditas terhadaprentabilitas pada PD BPR BKK di Kabupaten Tegal.

Data yang digunakan berupa data primer yang berupa laporan keuangan,dan hasil pengisian angket tentang efektivitas pengendalian intern kredit dari 18PD BPR-BKK di Kabupaten Tegal. Variabel yang diukur efektivitas pengendalianintern kredit dan likuiditas sebagai variabel bebas dan rentabilitas sebagai variabelteriakt. Data dimabil dengan teknik wawancara, angket dan dokumentasi. Teknikanalisis yang digunakan adalah regresi tunggal dan regresi berganda. Pengujianhipotesis menggunakan F test dan t test dengan tingkat signifikansi sebesar 5%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pengendalian intern kreditberpengaruh positif terhadap likuiditas (quick ratio, banking ratio dan cash ratio)pada PD BPR BKK di Kabupaten Tegal. Dengan meningkatnya efektivitaspengendalian intern kredit dapat meningkatkan quick ratio, banking ratio dan cashratio, sebab dengan peningkatan efektivitas pengendalian intern kredit, kredit yangdiberikan semakin ketat, sehingga banyak uang yang mengganggur, sehinggabank mampu membayar kewajiban kepada para deposan yang telah jatuh tempo.Besarnya kontribusi efektivitas pengendalian intern kredit terhadap quick ratiosebesar 15%, terhadap banking ratio sebesar 9.7% dan terhadap cash ratio sebesar9.4%.

Secara umum likuiditas tidak berpengaruh terhadap rentabilitas, namunjika dilihat dari unsur-unsur likuiditasnya ternyata banking ratio dan cash ratiomempunyai pengaruh negatif terhadap interest margin on loan, sedangkan loan toasset ratio mempunyai pengaruh positif terhadap net income on total asset.

Dengan adanya peningkatan banking ratio dan cash ratio menunjukkan bahwabank mempunyai kemampuan yang tinggi dalam memenuhi kewajiban kepadapara deposan terhadap jaminan yang diberikan, artinya banyak uang yangmenganggur di bank, kredit mengalami penurunan sehingga interest margin onloan semakin menurun. Dengan adanya peningkatan loan to asset ratio, maka bankdapat menyalurkan kreditnya melalui sejumlah asset yang dimiliki, pemasarankredit meningkat sehingga meningkatkan pendapatan bank melalui kredit yangdiberikan. Kondisi ini menyebabkan peningkatan kemampuan bank dalammenghasilkan laba melalui sejumlah aktiva bank (net income on total asset).Besarnya kontribusi banking ratio dan cash ratio terhadap interest margin on loanmasing-masing sebesar 10.1% dan 16%, sedangkan besarnya kontribusi loan toasset ratio terhadap net income on total asset sebesar 12.8%.

Secara bersama-sama atau simultan efektivitas pengendalian intern kreditdan likuiditas tidak mempunyai pengaruh yang signifikan, namun ditinjau dariunsur-unsur likuiditas terdapat pengaruh yang signifikan antara pengendalianintern kredit dan banking ratio terhadap interest margin on loan. Besarnyakontribusi keduanya mencapai 11.6%. Secara bersama-sama ada pengaruhpengendalian intern kredit dan cash ratio terhadap interest margin on loan yaitusebesar 17.1%. Secara spesifik efektivitas pengendalian intern kredit tidakberpengaruh langsung terhadap rentabilitas (return of equity, net income on totalassets, groos profit margin dan interest margin on loan), namun berpengaruhterhadap rentabilitas melalui likuiditas sebagai variabel intervening pada PD BPRBKK di Kabupaten Tegal. Secara khusus dengan meningkatnya pengendalianintern kredit banking ratio dan cash ratio mengalami peningkatan yangselanjutnya peningkatan banking ratio dan cash ratio berpengaruh negatif terhadapinterest margin on loan.

Disarankan bagi PD BPR BKK di Kabupaten Tegal hendaknyamempertahankan pengendalian intern kredit yang telah efektif dan telah mampumeningkatkan likuiditasnya tanpa mengakibatkan penurunan rentabilitas denganmelakukan manajemen likuiditas yang baik. Bagi peneliti lain yang hendakmelakukan penelitian sejenis untuk menggunakan populasi yang lebih luas agarhasilnya akan dapat dipertangungjawabkan.

Download

Pengaruh Efektivitias Pengendalian Intern Kredit dan Likuiditas terhadap Rentabilitas pada PD BPR-BKK di Kabupaten Tegal., 4.8 out of 5 based on 112 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets