Pengaruh Efisiensi Biaya Bahan Baku dan Efisiensi Biaya Tenaga Kerja Langsung Terhadap Profit Margin (Studi kasus pada perusahaan Meubel PT. Jaya Indah Furniture Kabupaten Jepara)

This item was filled under [ Akuntansi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (110 votes cast)

Tugas akhir akuntansi : Pengaruh Efisiensi Biaya Bahan Baku dan Efisiensi Biaya Tenaga Kerja Langsung Terhadap Profit Margin (Studi kasus pada perusahaan Meubel PT. Jaya Indah Furniture Kabupaten Jepara).

Pinasih. 2005. Skripsi jurusan ekonomi, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Mata kuliah Analisis Laporan Keuangan adalah mata kuliah yang penting bagimahasiswa calon pendidik Akuntansi. Proses Akuntansi Keuangan menghasilkanlaporan keuangan, yang akan menjadi sumber utama dalam melaksanakan analisislaporan keuangan. Faktor lain yang mempengaruhi prestasi belajar antara lain minatdan lingkungan belajar. Kenyataan di lapangan menunjukkan masih rendahnya minatbelajar mahasiswa terhadap mata kuliah Analisis Laporan Keuangan dan lingkunganbelajar yang mempengaruhinya sehingga prestasi belajar Analisis Laporan Keuanganbelum maksimal.

Perusahaan manufaktur melakukan kegiatan produksi untuk menghasilkanproduk jadi yang siap untuk dijual guna memperoleh laba. Salah satu kinerjamanajer pemasaran rasio gross profit margin yaitu digunakan untuk mengukurkemampuan memperoleh laba kotor dari setiap rupiah penjualan. Tinggirendahnya rasio gross profit margin dipengaruhi oleh laba kotor dan penjualan.Karena laba kotor terbentuk dari biaya pokok penjualan maka untuk mencapairasio gross profit margin yang tinggi perlu mengendalikan biaya produksi. Biayastandar sebagai salah satu dasar biaya yang digunakan di dalam pengendalianterhadap biaya produksi dalam penelitian ini meliputi biaya bahan baku dan biayatenaga kerja langsung.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian adalah seberapa besarpengaruh efisiensi biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung terhadaprasio profit margin, seberapa besar pengaruh efisiensi biaya bahan baku terhadaprasio profit margin dan seberapa besar pengaruh efisiensi biaya tenaga kerjalangsung terhadap rasio profit margin pada perusahaan meubel PT. Jaya IndahFurniture Kabupaten Jepara. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan danmenganalisis pengaruh biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsungterhadap rasio profit margin, untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruhefisiensi biaya bahan baku terhadap rasio profit margin dan untukmendeskripsikan dan menganalisis pengaruh efisiensi biaya tenaga kerja langsungterhadap rasio profit margin pada perusahaan meubel PT. Jaya Indah FurnitureKabupaten Jepara.

Populasi dalam penelitian ini adalah jenis biaya yang dikeluarkan padamasing-masing kelompok biaya yang melekat pada seluruh pesanan yang dibuatmelalui machine made pada perusahaan meubel PT. Jaya Indah FurnitureKabupaten Jepara dari tahun 2002 sampai 2004 yaitu sebesar 100 pesanan. Untukmenentukan ukuran sampel dalam penelitian digunakan rumus slovin denganingkat kesalahan pengambilan sampel yang dapat ditolerir sebesar 10% diperolehsampel sebanyak 51 pesanan yang dibagi rata setiap tahun selama tiga tahun.

Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, wawancara dankepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linierberganda dua prediktor untuk uji F statistik dan regresi sederhana untuk uji tstatitik dimana pengolahan data menggunakan program SPSS.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efisiensi biaya bahan bakuberpengaruh terhadap rasio profit margin pada perusahaan meubel pada PT. JayaIndah Furniture Kabupaten Jepara pada tahun 2002-2004. Hal ini ditunjukkannilai F hitung sebesar 8.967 dan nilai koefisien determinasi sebesar 27.2%. Secaraparsial efisiensi biaya bahan baku berpengaruh terhadap rasio profit margin yaituditunjukkan nilai t hitung sebesar 3.091 dengan tingkat probabilitas sebesar 0.3% .Efisiensi biaya tenaga kerja langsung berpengaruh terhadap rasio profit marginyaitu ditunjukkan nilai t hitung sebesar 3.191 dengan tingkat probabilitas sebesar0.2%.

Simpulan dari hasil penelitian adalah bahwa efisiensi biaya bahan bakudan efisiensi biaya tenaga kerja langsung secara bersama-sama berpengaruhterhadap rasio profit margin pada tahun 2002-2004 dengan koefisiensideterminasi sebesar 27.2%. Secara parsial efisiensi biaya bahan baku danpengendalian biaya tenaga kerja langsung berpengaruh terhadap rasio profitmargin. Dengan demikian semakin efisien biaya bahan baku dan biaya tenaga kerjalangsung maka semakin meningkatkan rasio profit margin, akan tetapi apabila biayabahan baku dan biaya tenaga kerja langsung tidak efisien maka rasio profit marginsemakin menurun. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan maka saran yangdapat dilakukan di antaranya adalah untuk penelitian selanjutnya perlumempertimbangkan faktor-faktor selain efisiensi biaya bahan baku dan efisiensibiaya tenaga kerja langsung sebagai upaya untuk memperbesar rasio profitmargin, bagi perusahaan agar lebih meningkatkan atau memperbesar rasio profitargin dengan tindakan antara lain agar diperoleh rasio profit margin yang tinggi,maka bagi manajemen perusahaan untuk lebih memperhatikan efisiensi biaya bahanbaku dan efisiensi biaya tenaga kerja langsung lebih mampu mencari supplieryang memberikan harga bahan baku yang lebih murah, menghindari pemborosanwaktu produksi.

Download

Pengaruh Efisiensi Biaya Bahan Baku dan Efisiensi Biaya Tenaga Kerja Langsung Terhadap Profit Margin (Studi kasus pada perusahaan Meubel PT. Jaya Indah Furniture Kabupaten Jepara), 4.8 out of 5 based on 110 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets