Pengaruh EPS dan pertumbuhan penjualan terhadap harga saham pada perusahaan tekstil dan garmen di BEJ.

This item was filled under [ Ekonomi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (112 votes cast)

Skripsi jurusan ekonoomi: Pengaruh EPS dan pertumbuhan penjualan terhadap harga saham pada perusahaan tekstil dan garmen di BEJ.

DJauharotun, 2005. Skripsi jurusan ekonomi, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Pasar modal di Indonesia dari tahun ke tahun meningkat sangat pesatyang ditunjukkan dari meningkatnya volume perdagangan, jumlah kapitalisasipasar dan jumlah emiten dari waktu ke waktu. Analisis terhadap nilai sahammerupakan langkah mendasar yang harus dilakukan oleh investor sebelummelakukan investasi. Pada prinsipnya para investor akan mau menanamkanmodalnya apabila tingkat return yang dicapai sesuai yang diharapkan. EPS yangdiharapkan oleh para investor adalah EPS yang semakin tinggi, semakin tinggiEPS yang diterima maka harga saham akan meningkat. Selain itu pertimbanganyang digunakan investor dalam menanamkan sahamnya adalah pertumbuhanpenjualan yang merupakan perubahan penjualan per tahun. Jika pertumbuhanpenjualan per tahun selalu naik maka perusahan memiliki prospek yang baik dimasa yang akan datang. Di Indonesia pada masa sekarang ini telah banyakdidirikan perusahaan-perusahaan tekstil dan garmen. Perusahaan tekstil dangarmen sebagai salah satu kelompok perusahaan yang terdaftar di BEJ ternyatamemiliki harga saham yang fluktuatif . Oleh karena itu peneliti tertarik melakukankajian tentang pengaruh EPS dan pertumbuhan penjualan terhadap harga sahampada perusahaan tekstil dan garmen yang tercatat di Bursa Efek Jakarta. Tujuanpenelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh EPS dan pertumbuhan penjualanterhadap harga saham pada perusahaan tekstil dan garmen di BEJ.

Populasi dalam penelitian ini adalah 25 perusahaan tekstil dan garmen diBursa Efek Jakarta dengan aspek yang diteliti yaitu laporan keuangan tahun 2000-2002. Variabel penelitian ada dua yaitu EPS dan pertumbuhan penjualan sebagaivariabel bebas dan harga saham sebagai variabel terikat. Data diambil, melaluiteknik dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisisdiskriptif persentase dan analisis regresi linier sederhana.

Hasil regresi diperoleh persamaan regresi :Yˆ = 1052,489 + 2,799X1 –25,442X2. Uji keberartiannya menggunakan uji F diperoleh F hitung = 63,681dengan harga signifikansi sebesar 0,000. Karena harga signifikansi yang diperolehkurang dari 0,05, menunjukkan bahwa secara simultan EPS dan Pertumbuhanpenjualan berpengaruh terhadap harga saham pada perusahaan tekstil dan garmendi BEJ. Hasil pengujian hipotesis secara pasial untuk variabel EPS diperoleh thitung=11,249 > ttabel = 2,07 dan untuk variabel pertumbuhan penjualan diperoleh thitung =-1,691 < ttabel = 2,07. Hal ini berarti bahwa variabel EPS (X1) berpengaruh secarasignifikan terhadap harga saham (Y) sedangkan pertumbuhan penjualan (X2) tidakberpengaruh terhadap harga saham (Y). Besarnya pengaruh EPS dan pertumbuhanpenjualan secara bersama-sama terhadap harga saham dapat dilihat dari hargakoefisien determinasi secara simultan yaitu 85,3% sedangkan besarnya pengaruhdari masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat dapat dilihat dariharga koefisien determinasi secara parsial yaitu 85,19% untuk variabel EPS dan11,49% untuk variabel pertumbuhan penjualan.

Mengacu dari hasil penelitian tersebut peneliti dapat mengajukan saransaranyaitu : 1) kepada para investor meskipun EPS dan pertumbuhan penjualanyang dianalisis dalam penelitian ini kurang memberikan pengaruh yang besarterhadap harga saham tetapi perlu untuk dijadikan sebagai dasar penilaian dalammengambil keputusan investasi karena kondisi intern perusahaan menjadi tolokukur seberapa besar risiko yang ditanggung dan keuntungan yang diharapkan olehinvestor, 2) bagi perusahaan hendaknya meningkatkan penjualannya dengan caramemperbaiki dan mempertahankan pangsa pasar melalui strategi harga, misalnyamemasang harga produk yang ledih rendah dari harga produk yang sejenis padaperusahaan lain sehingga diperoleh keuntungan yang lebih rendah untuk tiapsatuan produk, namun satuan produk yang terjual cukup memadai, makakeuntungan secara keseluruhan juga memadai, 3) penelitian ini masih banyakterdapat keterbatasan-keterbatasan, oleh karena itu untuk penelitian selanjutnyadiharapkan mempertimbangkan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhiharga saham selain EPS dan pertumbuhan penjualan.

Download

Pengaruh EPS dan pertumbuhan penjualan terhadap harga saham pada perusahaan tekstil dan garmen di BEJ., 4.8 out of 5 based on 112 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets