Pengaruh Intensitas Cahaya Terhadap Kecepatan Regenerasi non-alami Cacing Planaria

This item was filled under [ biologi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan biologi: Pengaruh Intensitas Cahaya Terhadap Kecepatan Regenerasi non-alami Cacing Planaria

Sholihah Lisdalia. 2006. Skripsi biologi, Fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam, Universitas Negeri Semarang.

Planaria adalah cacing yang mempunyai kemampuan regenerasi yang tinggi. Cacing ini sangat sensitif terhadap intensitas cahaya, pH dan suhu lingkungan dimana cacing tersebut tinggal. Populasi planaria di alam bisa berkurang karena berbagai hal, misalnya adalah adanya banjir yang bisa menyebabkan planaria terluka atau terpotong-potong. Apabila hal ini sering terjadi maka populasi planaria di alam bisa berkurang. Berdasarkan hal tersebut maka bisa dirumuskan suatu permasalahan yaitu adakah pengaruh intensitas cahaya terhadap kecepatan regenerasi non-alami cacing planaria yang bertujuan untuk mengetahui apakah intensitas cahaya berpengaruh terhadap kecepatan regenerasi non-alami cacing planaria di habitatnya yaitu di sungai Semirang Ungaran.

Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah cacing planaria yang hidup di sungai Semirang. Sampel penelitian adalah cacing planaria sebanyak 54 ekor dengan warna dan ukuran yang hampir seragam. Intensitas cahaya yang dikenakan pada planaria selama regenerasi yaitu intensitas cahaya 50-150 Lux, 200-300 Lux, 450-550 Lux, 950 Lux-1050 Lux dan 4950-5050 Lux. Setiap perlakuan terdiri dari 6 planaria dengan pengulangan 3 kali sehingga jumlah cacing pada setiap perlakuan adalah 18 ekor. Kecepatan regenerasinya dihitung setelah pemotongan kemudian data dianalisis dengan analisis regresi.
Hasil pengamatan menunjukkan tingkat kecepatan yang berbeda pada setiap perbedaan intensitas cahaya. Kecepatan regenerasi tertinggi pada intensitas cahaya 50-150 Lux. Kecepatan terendah pada intensitas cahaya 4950 Lux-5050 Lux Berdasarkan analisis regresi, diketahui tingkat pengaruh intensitas cahaya terhadap kecepatan regenerasi planaria sebesar 85,4%.
Berdasarkan hasil penghitungan dapat diperoleh hasil bahwa, intensitas cahaya berpengaruh terhadap kecepatan regenerasi non-alami cacing planaria. Pengaruh intensitas cahaya terhadap kecepatan regenerasi non-alami cacing planaria mencapai 85,4%.

Download

Pengaruh Intensitas Cahaya Terhadap Kecepatan Regenerasi non-alami Cacing Planaria, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets