PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

This item was filled under [ Pendidikan Matematika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (25 votes cast)

Skripsi Pendidikan Matematika :PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (SISWA KELAS IV DAMAR WULAN I KEPUNG KEDIRI)

Oleh :

Didik Hermawan

ABSTRAK

Pendidikan dan pengajaran Matematika perlu mendapatkan perhatian khusus yang keberhasilannya banyak dipengaruhi oleh interaksi sosial didalam kelas. Pada umumnya didalam kelas terjadi hubungan sosial yang baik apabila siswa dapat diterima dikelompoknya dan disenangi teman-temannya, sehingga membentuk dukungan dalam meningkatkan prestasi belajarnya. Berdasarkan hal tersebut, maka penulis mengadakan penelitian tentang pengaruh interaksi sosial terhadap prestasi belajar Matematika.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh interaksi sosial terhadap prestasi belajar matematika. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh interaksi sosial terhadap prestasi belajar Matematika.

Populasi sekaligus sample penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN Damar Wulan I Kepung-Kediri yang berjumlah 39 siswa. Sesuai dengan tujuan penelitian, maka metode pengumpulan data yang digunakan adalahmetode angket, metode tes, dan metode sosiometri.

Metode angket digunakan untuk mendapatkan data interaksi sosial siswa, metode tes digunakan untuk mendapatkan data prestasi belajar Matematika sub pokok bahasan pecahan decimal, penjumlahan pecahan decimal, pengurangan pecahan decimal serta penjumlahan dan pengurangan pecahan decimal. Metode sosiometri digunakan untuk mengetahui kedudukan siswa, yang digunakan sebagai pendukung data interaksi sosial siswa.

Setelah data diperoleh langkah selanjutnya menganalisa data. Analisa hasil metode angket dan tes menggunakan analisis non statistik. Sedangkan data sosiometri menggunakan analisis non statistic.

Berdasarkan analisis statistic yaitu menggunakan Uji chi kuadrat diperoleh

χ2hitung = 26,2 dan χ2tabel = 20,1 maka χ2hitung > χ2tabel

dengan demikian disimpulkan bahwa ada pengaruh interaksi sosial terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas IV SDN Damar Wulan I Kepung-Kediri

selanjutnya dihitung besar pengaruhnya C=0,63. Kemudian harga C dibandingkan dengan koefisien kontingensi maksimum (Cmaks) sebesar 0,82. Makin dekat harga C kepada Cmaks makin besar derajat asosiasi antar faktor, kesimpulannya interaksi sosial makin berkaitan dengan prestasi belajar Matematika. Kesimpulan yang diperoleh dari analisis data non statistik adalah bahwa semua baik interaksi sosial siswa maka semakin baik pula prestasi belajar Matematika siswa tersebut.

Untuk mendownload silakan klik link di bawah ini

Download di sini

PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA, 4.9 out of 5 based on 25 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets