PENGARUH KEPRIBADIAN TOKOH IBU TERHADAP NAYLA DALAM NOVEL NAYLA KARYA DJENAR MAESA AYU

This item was filled under [ bahasa dan seni ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (29 votes cast)

skripsi Jurusan Sastra Indonesia: PENGARUH KEPRIBADIAN TOKOH IBU TERHADAP NAYLA DALAM NOVEL NAYLA KARYA DJENAR MAESA AYU

Peni Setiani . 2007. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia,FAKULTAS BAHASA DAN SENI ,UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Novel Nayla merupakan novel pertama milik Djenar Maesa Ayu yang memiliki tema tentang seksualitas, kekerasan dalam rumah tangga, dan pelecehan seksual. Kekerasan dalam rumah tangga dalam novel Nayla ini dilakukan Tokoh Ibu terhadap anak kandungnya, saat Tokoh Ibu menghukum Nayla. Kekerasan itu membawa dampak pada kepribadian Nayla yang selalu terbayang tokoh Ibu saat dewasa. Perilaku tokoh Ibu yang tidak sesuai dengan norma-norma masyarakat dicontohkan di hadapan Nayla. Hal ini memberikan pendidikan yang negatif buat perkembangan kepribadian Nayla. Nayla pun menjadi seorang yang pemberontak karena tekanan dan hukuman yang diberikan Ibu.

Berdasarkan latar belakang di atas permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah bagaimana kepribadian tokoh Ibu dan Nayla dan bagaimana pengaruh kepribadian tokoh Ibu terhadap Nayla. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan kepribadian tokoh Ibu dan Nayla serta pengaruh tokoh Ibu terhadap tokoh Nayla.
Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi sastra untuk menganalisis novel Nayla. Analisis dalam penelitian ini difokuskan pada tokoh Ibu dan Nayla serta pengaruh tokoh Ibu terhadap Nayla. Teori psikologi kepribadian digunakan untuk mengungkapkan kepribadian yang ada pada kedua tokoh. Teori pola asuh dan kesehatan mental digunakan untuk pegangan dalam menganalisis pengaruh kepribadian tokoh Ibu terhadap Nayla.
Hasil penelitian ini dapat diketahui kepribadian tokoh Ibu memiliki watak keras, mandiri, memiliki rasa benci, berperilaku kasar, dan gaya hidup bebas. Kepribadian tokoh Nayla memiliki perilaku kasar, berwatak keras, berperilaku bebas, bertindak sesuka hati, dan hidup mandiri. Faktor-faktor yang mempengaruhi kepribadian ada yang dari dalam diri individu dan dari lingkungan.
Pengaruh tokoh Ibu terhadap Nayla terlihat dari kepribadian-kepribadian yang dimiliki Nayla seperti: watak keras, mandiri, berperilaku keras, serta mandiri. Berdasarakan hasil penelitian ini disarankan pada penelitian berikutnya agar dapat memanfaatkan penelitian ini dengan menggunakan pendekatan yang berbeda, seperti pendekatan sosial dan feminisme.

Download

PENGARUH KEPRIBADIAN TOKOH IBU TERHADAP NAYLA DALAM NOVEL NAYLA KARYA DJENAR MAESA AYU, 4.9 out of 5 based on 29 ratings
Tagged with: [ , ]
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets