Pengaruh Kinerja Keuangan Perusahaan dengan Alat Ukur Return On Assets (ROA) dan Return On Equity (ROE) terhadap Return Saham Pada perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Jakarta

This item was filled under [ Akuntansi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan akuntansi: Pengaruh Kinerja Keuangan Perusahaan dengan Alat Ukur Return On Assets (ROA) dan Return On Equity (ROE) terhadap Return Saham Pada perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Jakarta

AYUK PRASETYA UNI. 2006. Skripsi akuntansi, Fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam, Universitas Negeri Semarang.

Investor dalam menanamkan modalnya selalu mengharapkan return saham yang tinggi. Oleh karena itu para investor harus dapat menilai perusahaan mana yang memiliki laba yang tinggi, sehingga return sahamnya juga tinggi. Untuk menilai kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba, diperlukan analisis rasio keuangan diantaranya Return On Assets (ROA) dan Return On Equity (ROE).Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana pengaruh secara simultan Return On Assets (ROA) dan Return On Equity (ROE) terhadap return saham pada perusahaan manufaktur di BEJ. (2) Bagaimana pengaruh secara parsial Return On Assets (ROA) terhadap return saham pada perusahaan manufaktur di BEJ. (3) Bagaimana pengaruh secara parsial Return On Equity (ROE) terhadap return saham pada perusahaan manufaktur di BEJ Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh secara simultan Return On Assets (ROA) dan Return On Equity (ROE) terhadap return saham pada perusahaan manufaktur di BEJ. (2) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh secara parsial Return On Assets (ROA) terhadap return saham pada perusahaan manufaktur di BEJ. (3) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh secara parsial Return On Equity (ROE) terhadap return saham pada perusahaan manufaktur di BEJ.

Populasi dalam penelitian ini berjumlah 153 perusahaan yang bergerak dalam industri manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta (BEJ) dengan periode pengamatan tahun 2001-2003. Sedangkan pengambilan sampel berjumlah 28 perusahaan dilakukan dengan purposive sampling. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini, meliputi Return On Assets (X1), Return On Equity (X2), dan Return Saham (X3). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Data-data dalam penelitian ini merupakan data yang bersumber dari laporan keuangan tahunan emiten / perusahaan dalam Indonesian Capital Market Directory (ICMD) tahun 2004. Data yang diperoleh dianalisis dengan regresi.
Hasil regresi dengan menggunakan tingkat signifikasi a = 5% menunjukkan hasil sebagai berikut : R2 = 0.289 ; F = 13,046; signifikansi = 0,000. Hasil ini menunjukkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh positif antara Return On Assets (ROA) dan Return On Equity (ROE) terhadap Return Saham. Secara parsial variabel Return On Assets (ROA) berpengaruh signifikan terhadap return saham pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Jakarta. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung (2,426) > ttabel (1,989) dan memiliki probabilitas value sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Besar pengaruh ROA terhadap return saham adalah 6,76 %. Variabel Return On Equity (ROE) secara parsialberpengaruh signifikan terhadap return saham pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Jakarta. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung (2,522) > ttabel (1,989) dan memiliki probabilitas value sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Besar pengaruh ROE terhadap return saham adalah 1,69%.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para investor dan pihak lain yang membutuhkan. Para investor dalam menanamkan modalnya dapat menggunakan ROA dan ROE untuk memprediksi return sahamnya. Namun selain memprediksi return saham, para investor juga harus memperhatikan faktor lain, misalnya beta, ukuran perusahaan, rasio harga buku dan harga pasar, pola musiman, retriksi pinjaman, saham asing, periode kenaikan dan kemunduran pasar, maupun kondisi sosial, politik, dan ekonomi.

Download

Pengaruh Kinerja Keuangan Perusahaan dengan Alat Ukur Return On Assets (ROA) dan Return On Equity (ROE) terhadap Return Saham Pada perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Jakarta, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets