Pengaruh Komposisi Campuran Air Susu Sapi dan Susu Kedelai Terhadap jumlah N-Total dan Jumlah Lemak Total Dalam Keju

This item was filled under [ Kimia ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan kimia: Pengaruh Komposisi Campuran Air Susu Sapi dan Susu Kedelai Terhadap jumlah N-Total dan Jumlah Lemak Total Dalam Keju

Ika Arista Yuniarni, 2006. Skripsi kimia, Fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam, Universitas Negeri Semarang.

Keju adalah dadih susu yang digumpalkan dengan menggunakan aktivitas enzim yang diikuti pemisahan whey dari koagulan. Penelitian ini menggunakan bahan dasar campuran dari air susu sapi dan susu kedelai untuk pembuatan keju. Proses pembuatan keju dari campuran air susu sapi dan susu kedelai diawali dengan proses persiapan bahan yaitu air susu sapi dan susu kedelai, pembentukan dadih, pemisahan dadih dan whey, penirisan, penekanan dan pemeraman.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. ebagai variabel bebas adalah komposisi air susu sapi dan susu kedelai dalam campuran yaitu dengan perbandingan 100:0, 90:10, 80:20, 70:30, 60:40, 50:50 dan variabel terikatnya adalah jumlah N-total dan jumlah lemak total dalam keju. Data kedua variabel tersebut diuji dengan analisis satu arah.

Dari penelitian diperoleh bahwa komposisi campuran air susu sapi dan susu kedelai berpengaruh terhadap jumlah N-total dan jumlah lemak total. Berdasarkan data yang diperoleh jumlah N-total tertinggi dan jumlah lemak total terendah diperoleh dari keju dengan komposisi 50:50. Jumlah N-total pada keju dengan penggaraman 0,013451 dan pada keju tanpa penggaraman 0,123708, untuk jumlah lemak total pada keju dengan penggaraman 0,1011 dan pada keju tanpa penggaraman 0,0873.

Download

Pengaruh Komposisi Campuran Air Susu Sapi dan Susu Kedelai Terhadap jumlah N-Total dan Jumlah Lemak Total Dalam Keju, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets