Pengaruh Komunikasi Intern dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Efektivitas Kerja Guru dan Karyawan SMP Negeri 1 Suruh Kabupaten Semarang

This item was filled under [ Pendidikan Ekonomi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan pendidikan ekonomi: Pengaruh Komunikasi Intern dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Efektivitas Kerja Guru dan Karyawan SMP Negeri 1 Suruh Kabupaten Semarang

Andriani, 2006. Skripsi ekonomi, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Efektivitas dalam pelaksanaan tugas dan tanggungjawab akan sangat berpengaruh dalam pencapaian tujuan. Efektivitas merupakan suatu dasar pembentukan dan penyelenggaraan organisasi sekolah, oleh karena itu eksistensidan pertumbuhan organisasi sekolah akan lebih terjamin apabila organisasi tersebut dapat mencapai efektivitas kerja para personel yang ada didalamnya.

Untuk mencapai efektivitas kerja guru dan karyawan akan dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain adalah Komunikasi intern dan Kepemimpinan kepala sekolah. Komunikasi merupakan sarana yang diperlukan guna untuk mengkoordinasikan dan mengarahkan kegiatan pegawai ketujuan dan asaran organisasi. Peningkatan kualitas pendidikan dalam suatu organisasi sekolah juga dipengaruhi oleh kualitas kepemimpinan kepala sekolah.Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : 1) Adakah pengaruh komunikasi intern terhadap efektivitas kerja guru dan karyawan? 2) Adakah pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap efektivitas kerja guru dan karyawan? 3) Seberapa besar pengaruh komunikasi intern dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap efektivitas kerja guru dan karyawan? Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui ada dan besarnya pengaruh komunikasi intern terhadap efektivitas kerja guru dan karyawan. 2) Untuk mengetahui ada dan besarnya pengaruh Kepemimpinan kepala sekolah terhadap efektivitas kerja guru dan karyawan. 3).Untuk mengetahui ada dan besarnya pengaruh komunikasi intern dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap efektivitas kerja guru dan karyawan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru dan karyawan yang ada di SMP Negeri 1 Suruh kabupaten Semarang yang berjumlah 40 orang. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari komunikasi intern (x1) dan kepemimpinan kepala sekolah (x2) sebagai variabel bebas dan efektivitas kerja guru dan karyawan sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah program statistic SPSS.
Hasil penelitian menunjukan bahwa komunikasi intern yang terdiri dari komunikasi ketas, komunikasi kebawah, komunikasi horizontal serta kepemimpinan kepala sekolah yang terdiri dari kepala sekolah sebagai pemimpin, kepala sekolah sebagai penanggung jawab, kepala sekolah sebagai supervisi.Efektivitas terdiri dari kemampuan menyesuaikan diri, kepuasan kerja serta restasi kerja di SMP Negeri 1 Suruh Kabupaten Semarang menunjukan hubungan yang cukup erat. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan regresiY = 5,212 + 0,314X ˆ1 + 0,266X2. Uji secara simultan diperoleh F hitung = 40.578 dengan harga signifikansi sebesar 0,000. Dengan demikian menunjukkan terdapat pengaruh positif antara Komunikasi intern dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap efektivitas kerja guru dan karyawan dengan besarnya pengaruh tersebut adalah 68,7%. Uji pengaruh secara parsial menunjukkan bahwa seluruh variabel bebas Komunikasi intern dan kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap Efektivitas kerja dengan besarnya pengaruh masing-masing adalah 32,61% Untuk Komunikasi intern dan 25,62% untuk kepemimpinan kepala sekolah.
Mengacu dari hasil penelitian maka diajukan beberapa saran yaitu :
1.Kepala sekolah sebelum memberikan tugas/pekerjaan kepada guru dan karyawan kepala sekolah memberikan petunjuk, cara dan penyelesaian tugas/pekerjaan secara jelas agar guru dan karyawan lebih jelas dalam menyelesaikan pekerjaan mereka.
2. Kepala sekolah lebih mengkoordinasi dan menampung semua gagasan dan ide yang disampaikan oleh guru dan karyawan. Guru dan karyawan hendaknya selalu menyampaikan saran,ide atau masukan kepada kepala sekolah demi kemajuan sekolah.3.Kepala sekolah melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas/pekerjaan guru dan karyawan agar guru dan karyawan merasa diperhatikan dan diawasi sehingga lebih efektif dalam bekerja.

Download

Pengaruh Komunikasi Intern dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Efektivitas Kerja Guru dan Karyawan SMP Negeri 1 Suruh Kabupaten Semarang, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets