Pengaruh Kondisi Sosial dan Ekonomi Keluarga Terhadap Kegiatan Belajar Anak di Perumahan Apac Inti Desa Lemahireng Kecamatan Bawen

This item was filled under [ Pendidikan Ekonomi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (112 votes cast)

Skripsi jurusan ekonomi : Pengaruh Kondisi Sosial dan Ekonomi Keluarga Terhadap Kegiatan Belajar Anak di Perumahan Apac Inti Desa Lemahireng Kecamatan Bawen

Marini Ria Dewi. 2005. Jurusan ekonomi, FakultasIlmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang.

Kegiatan belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor baik faktor internal
maupun eksternal. Salah satu faktor eksternal yang sangat penting peranannya dalam menentukan kegiatan belajar adalah kondisi sosial dan ekonomi keluarga. Namun kebenaran argumen ini perlu dibuktikan melalui kegiatan penelitian agar diperoleh jawaban yang akurat. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Pengaruh kondisi sosial keluarga terhadap kegiatan belajar anak (2) Pengaruh kondisi ekonomi keluarga terhadap kegiatan Pengaruh kondisi sosial dan ekonomi keluarga terhadap kegiatan belajar anak (3) Pengaruh kondisi sosial dan ekonomi keluarga terhadap kegiatan belajar anak (4) Besarnya pengaruh kondisi sosial dan ekonomi keluarga terhadap kegiatan belajar anak. Penelitian ini bertujuan : (1) Ingin mengetahui ada tidaknya pengaruh kondisi sosial keluarga terhadap kegiatan belajar anak (2) Ingin mengetahui ada tidaknya pengaruh ekonomi keluarga terhadap kegiatan belajar anak (3) Ingin mengetahui ada tidaknya pengaruh kondisi sosial dan ekonomi keluarga terhadap kegiatan belajar anak (4) Ingin mengetahui besarnya pengaruh kondisi sosial dan ekonomi keluarga terhadap kegiatan belajar anak.

Populasi penelitian ini adalah warga perumahan Apac Inti desa Lemahireng kecamatan Bawen yang berjumlah 102 KK. Pengambilan sampel dilakukan secara keseluruhan dari populasi sehingga penelitian ini disebut juga penelitian populasi.

Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode angket. Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear senderhana dan analisis regresi ganda. Hipotesis dalam penelitian ini adalah: Ada pengaruh antara kondisi sosial dan ekonomi keluarga terhadap kegiatan belajar anak di perumahan Apac Inti Desa Lemahireng Kecamatan Bawen.

Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil analisis regresi sederhana diperoleh persamaan regresi Y = 10.770 + 0,148X + 0,219X . Setelah dilakukan uji keberartian persamaan regresi 1 2dengan menggunakan uji simultan diperoleh F = 2,830. Dengan demikian hitung menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh sosial dan ekonomi keluarga secara bersama terhadap kegiatan belajar anak di Perumahan Apac Inti Desa Lemahireng. Sedangkan setelah diadakan keberartian persamaan regresi dengan menggunakan uji parsial diperoleh hasil t untuk kondisi sosial yaitu 1,180. Sedangkan untuk hitungt kondisi ekonomi yaitu 2,227. Sehingga diambil kesimpulan bahwa tidak ada hitungpengaruh kondisi sosial terhadap kegiatan belajar anak di perumahan Apac Inti Desa Lemahireng dan ada pengaruh kondisi ekonomi terhadap kegiatan belajar anak di perumahan Apac Inti Desa Lemahireng kecamatan Bawen. Besarnya pengaruh kondisi sosial terhadap kegiatan belajar anak adalah 0,7% dan besarnya pengaruh kondisi ekonomi terhadap kegiatan belajar anak adalah 4,1%. Sedangkan besarnya pengaruh kondisi sosial dan kondisi ekonomi terhadap kegiatan belajar anak adalah sebesar 5,40%.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti mengambil kesimpulan bahwa Hipotesis Kerja (Ha) ditolak dan Hipotesis Nol (Ho) diterima. Artinya tidak ada pengaruh kondisi sosial dan kondisi ekonomi terhadap kegiatan belajar anak di perumahan Apac Inti Desa Lemahireng Kecamatan Bawen. Berdasarkan penelitian ini penulis menyarankan agar orang tua di perumahan Apac Inti Desa Lemahireng lebih memperhatikan sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan anak dalam belajar dan senantiasa mendorong motivasi dari dalam diri anak sehingga kegiatan belajar dapat berjalan dengan optimal.

Download

Pengaruh Kondisi Sosial dan Ekonomi Keluarga Terhadap Kegiatan Belajar Anak di Perumahan Apac Inti Desa Lemahireng Kecamatan Bawen, 4.8 out of 5 based on 112 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets