Pengaruh Kondisi Sosial dan Kondisi Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas III SMA PGRI I Kebumen Tahun Ajaran 2005/2006

This item was filled under [ Pendidikan Ekonomi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (29 votes cast)

skripsi jurusan pendidikan ekonomi: Pengaruh Kondisi Sosial dan Kondisi Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas III SMA PGRI I Kebumen Tahun Ajaran 2005/2006

Woro Kurnia Asih. 2006. Skripsi pendidikan ekonomi, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang harus dipenuhi, yang mempunyai tujuan lebih tinggi dari sekedar untuk tetap hidup, sehingga manusia menjadi lebih terhormat dan mempunyai kedudukan yang lebih tinggi daripada yang tidak berpendidikan. Bagi rumah tangga yang berpenghasilan rendah akan merasa berat untuk membiayai pendidikan anak-anaknya, apabila meneruskan ke sekolah yang lebih tinggi dengan biaya yang lebih mahal. Melihat kenyataan tersebut peneliti tertarik melakukan penelitian tentang “Pengaruh Kondisi Sosial dan Kondisi Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas III SMA PGRI I Kebumen Tahun Ajaran 2005/2006”. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaiamanakah kondisi sosial, kondisi ekonomi orang tua siswa dan motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas III, 2) Adakah pengaruh kondisi sosial orang tua terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas III, 3) Adakah pengaruh kondisi ekonomi orang tua terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas III, 4) Seberapa besar pengaruh kondisi sosial dan kondisi ekonomi orang tua terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggipada siswa kelas III. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui kondisi sosial, kondisi ekonomi orang tua dan motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas III, 2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kondisi sosial orang tua terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas III, 3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kondisi ekonomi orang tua terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas III, 4) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kondisi sosial dan kondisi ekonomi orang tua terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas III.

Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas III SMA PGRI I Kebumen sebanyak 125 siswa. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik proportional sample dengan jumlah sampel yang akan diteliti mengacu pada ketentuan sampel pada Tabel Krejcie dan diperoleh jumlah sampel sebanyak 97 siswa. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari kondisi sosial dan kondisi ekonomi orang tua sebagai variabel bebas dan motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis
regresi berganda dengan menggunakan program statistik SPSS.
Berdasarkan analisis deskriptif persentase menunjukkan bahwa kondisi sosial orang tua termasuk kategori cukup, kondisi ekonomi orang tua termasuk kategori cukup, dan motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa termasuk kategori tinggi . Hasil analisis regresi memperoleh persamaan regresi = 15,528 + 0,398X Y ˆ1 + 0,143X2. Uji keberartian persamaan regesi dengan uji F, diperoleh Fhitung = 25,982 dengan probabilitas sebesar 0,000 dan lebih kecil dari 0,05. Hal ini berarti Ada pengaruh yang signifikan kondisi sosial dan kondisi ekonomi orang tua terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas III SMA PGRI I Kebumen Tahun Ajaran 2005/2006, besarnya pengaruh tersebut yaitu 35,6%, selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian. Besarnya pengaruh masing-masing variabel yaitu kondisi sosial orang tua terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi sebesar 12,4%, pengaruh kondisi ekonomi orang tua terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi sebesar 9,5%.
Mengacu dari hasil penelitian, orang tua hendaknya meningkatkan tingkat pendidikan dengan cara mengikuti program kejar paket A,B dan C. Orang tua sebaiknya berusaha semaksimal mungkin dalam usaha meningkatkan tingkat pendapatannya dengan bekerja lebih giat lagi, mencari pekerjaan tambahan melalui pelatihan. Bagi siswa hendaknya berusaha semaksimal mungkin untuk mempertahankan motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Download

Pengaruh Kondisi Sosial dan Kondisi Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas III SMA PGRI I Kebumen Tahun Ajaran 2005/2006, 4.9 out of 5 based on 29 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets