Pengaruh kredit bagi hasil BTM Surya Mentari terhadap peningkatan pendapatan pedagang kecil di Desa Karanganyar Kabupaten Pekalongan

This item was filled under [ Pendidikan Ekonomi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (112 votes cast)

Skripsi jurusan ekonoomi: “Pengaruh kredit bagi hasil BTM Surya Mentari terhadap peningkatan pendapatan pedagang kecil di Desa Karanganyar Kabupaten Pekalongan “

Haristiana, Happi. 2004. Skripsi jurusan ekonomi, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Keberadaan Bank konvensional yang ada mengutamakan sistem bunga dalamoperasiolnalnya, sedangkan Bank Syariah tidak mengenal istilah bunga tetapiyang digunakan adalah istilah bagi hasil. Perbankan dengan sistem bagi hasildirancang demi terbinanya kebersamaan dalam menanggung resiko dan berbagihasil usaha antara pemilik dana yang menyimpan uangnya di bank, dengan bankselaku pengelola dana dan juga masyarakat yang membutuhkan dana yang bisaberstatus sebagai peminjam atau pengelola dana. Dengan pembiayaan yangdiiringi dengan bimbingan pengelolaan modal dan usaha dapat membantumeningkatkan produktifitas usaha, yang pada akhirnya akan berpengaruh terhadappeningkatan pendapatan pedagang kecil. Hal ini yang melandasi penulis untukmengambil judul “Pengaruh kredit bagi hasil BTM Surya Mentari terhadappeningkatan pendapatan pedagang kecil di Desa Karanganyar KecamatanKaranganyar Kabupaten Pekalongan“.

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisispengaruh kredit bagi hasil BTM Surya Mentari terhadap peningkatan pedapatanpedagang kecil di Desa Karanganyar Kecamatan Karanganyar KabupatenPekalongan.

Populasi penelitian ini adalah nasabah BTM Surya Mentari yangmemperoleh kredit bagi hasil jenis Mudhorobah, yang populasinya berjumlah 130nasabah, sampelnya berjumlah 60 dan teknik samplingnya menngunakan teknikcluster proporsional random sampling. Adapun metode pengumpulan data yangdigunakan metode adalah kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data yangdigunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana satu prediktor.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan perhitungan koefisienkorelasi antara variabel X dan variabel Y dipeoleh r hit sebesar 0,427 dan r tabelsebesar 0,254 yang berarti terdapat hubungan antara kredit bagi hasil terhadappeningkatan pendapatan pedagang kecil. Dari persamaan regresi sederhanadiperoleh Y= 0,399 + 0,05682 X , Sedangkan uji hipotesis yang dilakukan denganuji T diperoleh t hit sebesar 3,597 yang berarti bahwa Ha yang berbunyi adapengaruh kredit bagi hasil BTM Surya Mentari terhadap peningkatan pendapatanpedagang kecil di Desa Karanganyar Kecamatan karanganyar KabupatenPekalongan “diterima”.

Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis menyampaikan saran antara lain
perlunya penelitian lebih lanjut mengenai variabel-variabel yang mempengaruhipendapatan yaitu kesempatan kerja yang tersedia, kecakapan dan keahlian,motivasi kerja dan keuletan bekerja.

Download

Pengaruh kredit bagi hasil BTM Surya Mentari terhadap peningkatan pendapatan pedagang kecil di Desa Karanganyar Kabupaten Pekalongan, 4.8 out of 5 based on 112 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets