Pengaruh Kualitas Jasa Layanan Simpanan Terhadap Kepuasan Nasabah BRI Kantor Cabang Pattimura Semarang

This item was filled under [ Ekonomi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (114 votes cast)

Skripsi jurusan ekonomi: Pengaruh Kualitas Jasa Layanan Simpanan Terhadap Kepuasan Nasabah BRI Kantor Cabang Pattimura Semarang

Maria Ayuk Christina. 2006. Skripsi ekonomi, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Salah satu tindakan untuk memuaskan konsumen adalah dengan cara memberikan pelayanan kepada konsumen dengan sebaik-baiknya. Pemasaran jasa khususnya jasa perbankan yang bergerak di bidang finance sangat bertumpu pada jasa pelayanan terutama peran dari para staf dan karyawan. Pelayanan buruk staf dan karyawan akan langsung merusak bisnis jasa ini, kondisi seperti ini akan dapat menyebabkan nasabah enggan berhubungan lebih lanjut dengan bank, bahkan tidak menutup kemungkinan nasabah bank akan pindah ke bank lain yang memberikan pelayanan yang lebih baik. Melihat kenyataan tersebut peneliti tertarik melakukan penelitian tentang “Pengaruh Kualitas Jasa Layanan Simpanan Terhadap Kepuasan Nasabah BRI Kantor Cabang Pattimura Semarang”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas jasa layanan simpanan yang meliputi bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati secara simultan terhadap kepuasan nasabah BRI Kantor Cabang Pattimura Semarang.

Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan bank BRI yang memanfaatkan produk jasa simpanan dalam bentuk tabungan dengan mata uang rupiah sebanyak 19.251 nasabah di BRI Kantor Cabang Pattimura Semarang. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dalam Umar Husein dan diperoleh jumlah sampel sebanyak 100 nasabah. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari kualitas jasa layanan sebagai variabel bebas dan kepuasan pelanggan sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas jasa layanan simpanan di BRI Kantor Cabang Pattimura Semarang termasuk kategori baik, hal ini ditunjukkan dari bukti langsung yang telah baik (78,0%), keandalan yang baik (73,8%), daya tanggap yang baik (68,2%), jaminan yang baik (76,5%), dan empati yang baik pula (74,8%). Sedangkan kepuasan nasabah termasuk kategori baik (73,3%). Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi :Y= 0,841 + 0,443Xˆ1 + 0,418X2+ 0,857X3+ 0,686X4+ 0,699X5. uji keberartian persamaan regresi dengan analisis varians untuk regresi diperoleh F hitung = 83,463 dengan harga signifikansi sebesar 0,000. Dengan demikian menunjukkan bahwa kualitas jasa yang meliputi bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah BRI Kantor Cabang Pattimura Semarang. Berdasarkan harga koefisien determinasi diketahui bahwa besarnya pengaruh tersebut adalah sebesar 81,6%. Hasil uji parsial diketahui bahwa yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan adalah jaminan (17,3%), kemudian diikuti daya tanggap (9,5%), empati (7,2%), keandalan (5,2%) dan terakhir adalah bukti fisik (4,8%).
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diambil suatu simpulan sebagai berikut : 1). Ada pengaruh yang signifikan antara dimensi kualitas jasa layanan yang meliputi bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati terhadap kepuasan nasabah BRI Kantor Cabang Pattimura Semarang. Besarnya pengaruh dimensi kualitas jasa layanan simpanan terhadap kepuasan nasabah sebesar 81,6%. 2). Variabel yang paling berpengaruh terhadap kepuasan nasabah BRI Kantor Cabang Pattimura Semarang adalah variabel jaminan sedangkan yang paling kecil pengaruhnya adalah variabel bukti fisik dan variabel keandalan.
Mengingat kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah, maka pihak manajemen di BRI Kantor Cabang Pattimura Semarang hendaknya:
1)Memberikan training kepada karyawan agar keterampilan dalam melayani nasabah dapat lebih baik. 2)Perlu peningkatan pelayanan pada bukti fisik yaitu peningkatkan fasilitas parkir kendaraan bermotor di dalam lingkungan kantor. Karena peranan fasilitas parkir sangat berarti bagi kenyamanan nasabah.
3) Menambah ATM agar transaksi di bank tidak menyebabkan antrian panjang.

Download

Pengaruh Kualitas Jasa Layanan Simpanan Terhadap Kepuasan Nasabah BRI Kantor Cabang Pattimura Semarang, 4.8 out of 5 based on 114 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets