Pengaruh latihan beban dengan menggunakan alat manual dan alat mesin pada proses pengembangan otot dada pada member fitness di fakultas ilmu keolahragaan

This item was filled under [ PJKR ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (31 votes cast)

skripsi jurusan PJKR: Pengaruh latihan beban dengan menggunakan alat manual dan alat mesin pada proses pengembangan otot dada pada member fitness di fakultas ilmu keolahragaan

Zaenuri, 2007. Skripsi PJKR, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan beban dengan menggunakan dua alat yang berbeda tetapi mempunyai tujuan yang sama yaitu untuk membentuk atau mengembangkan otot bagian dada dan manakah yang lebih baik dalam mengembangkan otot bagian dada, dengan menggunakan alat manual atau dengan alat mesin?. Penelitian ini diharapkan bermanfaat : 1) Bagi pembaca , dapat memberikan informasi tentang kebugaran otot dan bentuk-bentuk latihan yang benar. 2) Bagi para member fitness dapat mengetahui manakah yang paling baik untuk melatih otot dada, 3) Bagi masyarakat luas hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai salah satu penambahan pengetahuan dan wawasan tentang kebugaran otot khususnya mahasiswa FIK.

Populasi penelitian ini adalah seluruh member fitness di Laboratorium Fakulatas Ilmu Keolahragaan sejumlah 848 orang. Teknik pemilihan sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah Quota Sampling. Langkah pertama Dengan teknik tersebut diperoleh sampel sebesar 22 orang putra. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu alat manual dan alat mesin sebagai variabel bebas dan perkembangan otot dada sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan test dan pengukuran. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik t-test dan analisis deskripsi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa latihan dengan alat manual dan alat mesin mempunyai pengaruh yang berbeda. Hasil penghitungan t-tes dengan alat manual pada dada bagian atas 3.80, bagian bawah 5.06 sedangkan latihan dengan alat mesin dada bagian atas adalah 2.48 dan bawah 4.05. Dengan taraf signifikasi α = 5% dengan db = 11-1 = 10 diperoleh t (0,975)(10) = 2,18.dengan melihat penghitungan antara t hitung dengan t tabel menunjukan ada pengaruh yang signifikan antara latihan dengan menggunakan alat manual dan latihan dengan alat mesin pada proses pengembangan otot dada.
Kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil penelitian menunjukan perhitungan t-test diketahui bahwa nilai t-test pada latihan menggunakan alat manual berbeda dengan nilai t-test dengan menggunakan alat mesin. Hal ini berarti bawah terdapat perbedaan pengaruh latihan beban dengan menggunakan alat manual dan latihan beban dengan menggunakan alat mesin pada proses pengembangan otot dada baik bagian atas maupun otot dada bagian bawah.
Berdasarkan uji t-test diatas dapat disimpulkan bahwa hasil uji perbandingan hasil lingkar dada bagian atas dan bawah dengan menggunakan alat manual memperoleh nilai yang lebih besar dibandingkan dengan menggunakan alat mesin. Hal ini berarti bahwa latihan beban dengan menggunakan alat manual memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan menggunakan alat mesin.

Download

Pengaruh latihan beban dengan menggunakan alat manual dan alat mesin pada proses pengembangan otot dada pada member fitness di fakultas ilmu keolahragaan, 5.0 out of 5 based on 31 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets