Pengaruh Latihan Bulutangkis Menggunakan Game Skor 15 dan Game Skor 21 Terhadap Peningkatan VO 2 Maks Pada Pemain Putera PB Pendowo Semarang Tahun 2006

This item was filled under [ Olahraga ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (29 votes cast)

skripsi jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga: Pengaruh Latihan Bulutangkis Menggunakan Game Skor 15 dan Game Skor 21 Terhadap Peningkatan VO 2 Maks Pada Pemain Putera PB Pendowo Semarang Tahun 2006

Zanwar Al Murtadho ( 2007 ) , Skripsi Pendidikan Kepelatihan Olahraga,Fakultas Ilmu Keolahragaan . Universitas Negeri Semarang.

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu : 1) Apakah ada pengaruh latihan bulutangkis menggunakan skor 15 terhadap peningkatan VO2 Maks.2) Apakah ada pengaruh latihan bulutangkis menggunakan skor 21 terhadap peningkatan VO2 Maks 3) Apakah ada perbedaan pengaruh latihan bulutangkis antara menggunakan skor 15 dan skor 21 terhadap peningkatanVO2Maks. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui : 1) Pengaruh latihan bulutangkis menggunakan skor 15 terhadap peningkatan VO2 Maks. 2) Pengaruh latihan bulutangkis menggunakan skor 21 terhadap peningkatan VO2 Maks. 3) Perbedaan pengaruh antara latihan bulutangkis menggunakan skor 15 dan skor 21 terhadap peningkatan VO2 Maks Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan rancangan “Pretest-postest group design “. Populasi yang digunakan adalah pemain bulutangkis PB Pendowo Semarang yang berjumlah 20 orang, karena jumlah populasi sedikit maka semua populasi digunakan sebagai sampel. Setelah diperoleh sampel dilakukan tes awal yaitu Multi stage Fitness Test.
Dari hasil itu dilanjutkan pengelompokan subyek dengan teknik Match-subyect ordinal paring didapat dua kelompok ialah kelompok eksperimen 1 yang diberi perlakuan latihan bulutangkis menggunakan skor 15 dan kelompok eksperimen 2 yang diberi perlakuan latihan bulutangkis menggunakan skor 21. Latihan diberikan adalah 3 kali seminggu selama 6 minggu dan diakhiri dengan post test. Metode pengolahan data menggunakan Uji t berpasangan. Sebelum uji hipotesis dilakukan uji persyaratan analisis hipotesis yaitu uji normalitas data dengan statistik Kolmogorov-Smirnov Test, untuk uji homogenitas menggunakan Chi-Square.
Hasil penelitian berdasarkan hasil perhitungan data diperoleh hasil sebagai berikut : 1) ada pengaruh hasil latihan bulutangkis menggunakan skor 15 antara kelompok sebelum dan sesudah latihan terhadap peningkatan VO2 Maks, diperoleh nilai t hitung > t tabel ialah sebesar – 7.279 > 2.262 dan nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05 berarti ada pengaruh hasil latihan bulutangkis menggunakan skor 15 antara sebelum latihan dan sesudah latihan terhadap peningkatan VO2 Maks. 2).latihan bulutangkis menggunakan skor 21 antara kelompok sebelum dan sesudah latihan terhadap peningkatan VO2 Maks diperoleh nilai t hitung > t tabel ialah sebesar – 5.638 > 2.262 dan nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05 berarti ada pengaruh hasil latihan bulutangkis menggunakan skor 21 antara sebelum latihan dan sesudah latihan terhadap peningkatan VO2 Maks. 3) perbedaan pengaruh hasil latihan bulutangkis antara menggunakan skor 15 dan skor 21 terhadap peningkatan VO2 Maks.
Diperoleh nilai t hitung > t tabel ialah sebesar 4.630 > 2.262 dan nilai signifikansi sebesar 0.001< 0.05 berarti ada pengaruh hasil latihan bulutangkis antara menggunakan skor 15 dan skor 21 terhadap peningkatan VO2 Maks. 4) bahwa kelompok latihan bulutangkis yang menggunakan skor 21, terlihat dari iiiangka mean kelompok skor 15 lebih besar dari kelompok skor 21 ialah 44.250 > 41.140. Berdasarkan pada angka perhitungan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Latihan bulutangkis menggunakan skor 15 lebih baik dibandingkan dengan latihan menggunakan skor 21 dalam meningkatkan kemampuan VO2 Maks.
Saran yang diberikan berdasarkan kesimpulan : 1) Bagi pelatih dan pemain PB Pendowo Semarang perlu ada peningkatan frekwensi latihan. 2) Seorang pelatih harus menguasai teknik berlatih dan latihan-latihan untuk penjagaan dan peningkatan kesegaran jasmani. Sehingga akan lebih baik hasilnya dalam meningkatkan prestasi.

Download

Pengaruh Latihan Bulutangkis Menggunakan Game Skor 15 dan Game Skor 21 Terhadap Peningkatan VO 2 Maks Pada Pemain Putera PB Pendowo Semarang Tahun 2006, 5.0 out of 5 based on 29 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets