Pengaruh Likuiditas Dan Profitabilitas Terhadap Return Saham Bank Di BEJ

This item was filled under [ Pendidikan Ekonomi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (110 votes cast)

Skripsi Pendidikan Ekonomi Akuntansi : “Pengaruh Likuiditas Dan Profitabilitas Terhadap Return Saham Bank Di BEJ”

Ariyadi Primandoko, 2005, Skripsi Jurusan Pendidikan Ekonomi Akuntansi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang.

Suatu bank harus memiliki likuiditas dan profitabilitas yang baik agarbank tersebut mendapatkan kepercayaan dari masyarakat, likuiditas diperlukanagar dana selalu tersedia saat nasabah ingin menarik dana dari bank, sedangkanprofitabilitas menunjukkan tingkat laba suatu bank, salah satu cara untukmemperkuat posisi likuiditas adalah dengan menerbitkan saham. Yang menjadipermasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana pengaruh likuiditas danprofitabilitas terhadap return saham ?”. Tujuan penelitian ini adalah untukmengetahui ada tidaknya pengaruh likuiditas dan profitabilitas terhadap returnsaham bank di BEJ

Populasi dari penelitian ini berjumlah 26 bank yang terdaftar di BEJ.Sampel yang diambil berjumlah 19 bank. Teknik pengambilan sampel denganmenggunakan Purposive Sampling. Data yang diambil berupa laporan keuanganbank selama dua tahun (2002 dan 2003) dari 19 bank yang termasuk dalamsampel, sehingga n berjumlah 38. Metode analisis data yang digunakan adalahanalisis regresi, yang untuk memudahkannya digunakan program komputer SPSS.dan metode pengumpulan datanya adalah metode dokumentasi. Variabel bebasnyaadalah likuiditas dan profitabilitas sedangkan variabel terikatnya adalah returnsaham.

Hasil penelitian secara parsial diperoleh nilai thitung untuk likuiditas sebesar2,405 sedang nilai ttabel = 1,691. Dari hasil perbandingan tersebut terlihat thitung ttabel maka Ha diterima artinya ada pengaruhantara profitabilitas dengan return saham. Sedangkan secara simultan diperolehnilai Fhitung = 5,56 dan Ftabel = 5,25. Jadi Fhitung > Ftabel artinya likuiditas danprofitabilitas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap return saham bank diBEJ.

Berdasarkan penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa likuiditas danprofitabilitas memiliki pengaruh terhadap return saham. Saran yang diberikanadalah apabila suatu bank ingin mendapatkan kepercayaan dari masyarakat baikpara penabung maupun investor hendaknya memiliki tingkat likuiditas danprofitabilitas yang tinggi sehingga masyarakat akan menaruh kepercayaanterhadap bank tersebut.

Download

Pengaruh Likuiditas Dan Profitabilitas Terhadap Return Saham Bank Di BEJ, 4.8 out of 5 based on 110 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets