Pengaruh metode latihan pass atas langsung dan tidak langsung terhadap kemampuan pass atas dalam permainan bola voli pada siswa putra ekstra kurikuler bola voli SMA Negeri 1 Sukorejo Kabupaten Kendal tahun 2005/2006

This item was filled under [ Olahraga ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (117 votes cast)

Skripsi jurusan keolahragaan: Pengaruh metode latihan pass atas langsung dan tidak langsung terhadap kemampuan pass atas dalam permainan bola voli pada siswa putra ekstra kurikuler bola voli SMA Negeri 1 Sukorejo Kabupaten Kendal tahun 2005/2006

NURIFANSYAH MUHAMMAD. 2005. Skripsi keolahragaan, Fakultas ilmu keolahragaan, Universitas Negeri Semarang.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pangaruh latihan passatas langsung dan tidak langsung serta mengetahui mana yang lebih baik antara keduametode latihan pass atas tersebut. Sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu pesertaekstrakurikuler bola voli siswa putra SMA Negeri 1 Sukorejo kabupaten Kendal tahunpalajaran 2005/2006 yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitianini adalah dengan cara total sampling yaitu mengikutsertakan semua individu atau anggotapopulasi menjadi sampel.

Tes awal dilaksanakan pada tanggal 19 Nopember 2005 dimulai pukul 14.30 WIBsampai pukul 17.00 WIB. bertujuan untuk mengetahui kemampuan awal sebelum diadakanperlakuan penelitian sekaligus untuk menentukan rangking yang diolah untuk mendapatkankelompok eksperimen 1 dan kelompok eksperimen 2 atau kelompok kontrol. Selanjutnya daridua kelompok yang ditetapkan menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diberilatihan sebanyak 12 kali mulai tanggal 21 Nopember 2005 sampai dengan tanggal 17Desember 2005. Kelompok eksperimen dilatih menggunakan metode latihan pass ataslangsung dan kelompok kontrol dilatih menggunakan metode latihan pass atas tidaklangsung. Pada tanggal 19 Desember 2005 diadakan tes akhir untuk mengetahui kemampuanpass atas setelah melakukan latihan sebanyak 12 kali terhadap kelompok eksperimen maupunkelompok kontrol.

Hasil yang diperoleh selanjutnya diolah dengan menggunakan statistik dengan hasilsebagai berikut : Dari perhitungan statistik diperoleh nilai t = 2,41 dimana hasil tersebutternyata lebih besar dari nilai t pada tabel yaitu 2,093 dengan taraf signifikansi 5% denganderajat perbedaan (d.b) = 20 – 1 = 19. sehingga nilai t hasil penelitian = 2,41 adalahdiatas batas penolakan atau diatas nilai t dalam tabel ( 2, 093 ). Dengan demikian makaperumusan hipotesa nihil yang menyatakan bahwa “ Latihan passing atas langsung tidakmempunyai pengaruh yang lebih baik terhadap kemampuan passing atas dalam permainanboa volley dibanding dengan latihan passing atas tidak langsung “ ditolak , Dengan kata lainhipotesa alternative atau hipotesa kerja yang dirumuskan yaitu : “ Latihan dengan pass ataslangsung lebih baik daripada latihan pass atas tidak langsung terhadap kemampuan pass atasdalam permainan bola voli” diterima.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : ada perbedaan pengaruhantara latihan pass atas bola volley yang menggunakan metode latihan langsung dan metodelatihan tidak langsung pada siswa SMA Negeri 1 Sukorejo Kendal yang mengikuti kegiatanekstra kurikuler bola volley tahun ajaran 2005/2006. Metode latihan pass atas langsungternyata lebih baik dibandingkan dengan metode latihan pass atas tidak langsung dalammelatih kemampuan melakukan pass atas pada permainan bola volley pada siswa SMANegeri 1 Sukorejo Kendal tahun ajaran 2005/2006. Dari simpulan diatas penulismenyarankan agar :setiap guru olahraga, pelatih bola volley maupun para praktisi olahragakhususnya permainan bola volley agar mengutamakan latihan passing terlebih dahulusebelum melatih tehnik-tehnik yang lain. Dalam melatih pass atas hendaknya dapatmenggunakan metode latihan pass atas langsung, karena hasilnya lebih baik dibandingkandengan latihan yang menggunakan metode tidak langsung.

Download

Pengaruh metode latihan pass atas langsung dan tidak langsung terhadap kemampuan pass atas dalam permainan bola voli pada siswa putra ekstra kurikuler bola voli SMA Negeri 1 Sukorejo Kabupaten Kendal tahun 2005/2006, 4.8 out of 5 based on 117 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets