Pengaruh Minat Belajar dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Mengetik Manual Dengan Sistem 10 (Sepuluh) Jari Siswa Kelas I Program Keahlian Administrasi Perkantoran

This item was filled under [ administrasi perkantoran ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan administrasi perkantoran: Pengaruh Minat Belajar dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Mengetik Manual Dengan Sistem 10 (Sepuluh) Jari Siswa Kelas I Program Keahlian Administrasi Perkantoran

Hidayah, Yekti. 2006. Skripsi administrasi perkantoran, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Belajar merupakan proses penting bagi perubahan perilaku manusia dan mencakup segala sesuatu yang dipikirkan dan dikerjakan. Salah satu faktor utama untuk mencapai sukses dalam segala bidang, baik itu berupa studi, kerja, hobi atau aktivitas apapun adalah minat. Dengan tumbuhnya minat dalam diri seseorang akan melahirkan perhatian untuk melakukan segala sesuatunya dengan tekun dalam jangka waktu yang lama, lebih berkonsentrasi, mudah untuk mengingat dan tidak mudah bosan dengan apa yang dipelajarinya. Selain minat keberhasilan belajar juga ditentukan oleh aktivitas siswa selama pembelajaran. Fungsi aktivitas dalam pengajaran untuk mendapatkan pemahaman yang optimal selama mengikuti proses pengajaran. Oleh karena itu peneliti tertarik mengkaji permasalahan 1) Bagaimanakah minat belajar, aktivitas belajar dan hasil belajar mengetik manual dengan sistem 10 (sepuluh) jari siswa kelas I program keahlian administrasi perkantoran di SMK N I Slawi tahun diklat 2005/2006? 2) Adakah pengaruh antara minat belajar dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar mengetik manual dengan sistem 10 (sepuluh) jari siswa kelas I program keahlian administrasi perkantoran di SMK N I Slawi tahun diklat 2005/2006? 3) Seberapa besar pengaruh antara minat belajar dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar mengetik manual dengan sistem 10 (sepuluh) jari siswa kelas I program keahlian administrasi perkantoran di SMK N I Slawi tahun diklat 2005/2006?. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui bagaimanakah minat belajar, aktivitas belajar dan hasil belajar mengetik manual dengan sistem 10 (sepuluh) jari siswa kelas I program keahlian administrasi perkantoran di SMK N I Slawi tahun diklat 2005/2006 2) adakah pengaruh antara minat dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar mengetik manual dengan sistem 10 (sepuluh) jari, dan 3) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara minat belajar dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar mengetik manual dengan sistem 10 (sepuluh) jari.

Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas I program keahlian administrasi perkantoran SMK Negeri I Slawi yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas I AP I berjumlah 40 siswa dan kelas I AP 2 berjumlah 40 siswa, jadi populasi dalam penelitian ini sebanyak 80 siswa. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik total sampling sehingga seluruh populasi sebanyak 80 siswa dijadikan sebagai sampel penelitian. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari minat belajar dan aktivitas belajar sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket atau kuesioner dan metode dokumentasi. Tehnik pengolahan dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik analisis deskriptif persentase dan regresi linear bergand.
Berdasarkan analisis deskriptif persentase menunjukkan bahwa minat belajar siswa dan aktivitas belajar siswa telah masuk dalam kategori baik dengan bobot persentase skor 65,70% dan 63,53% sedangkan hasil belajar siswa termasuk kategori lebih dari cukup dengan rata-rata 72,64. Hasil analisis regresi ganda memperoleh persamaan regresi Y = 42,469 + 0,624X1 + 0,589X2. Uji keberartian persamaan regresi dengan uji F diperoleh Fhitung = 64,024 dengan harga signifikansi sebesar 0,000. Karena harga signifikansi kurang dari 0,05, yang berarti secara simultan minat belajar dan aktivitas belajar berpengaruh terhadap hasil belajar. Hasil uji parsial diperoleh t1= 4,825 dengan harga signifikansi 0,000 < 0,05, hal ini berarti ada pengaruh antara minat belajar terhadap hasil belajar dan t2= 3,261 dengan signifikansi 0,000 < 0,05, hal ini menunjukkan ada pengaruh antara minat belajar dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar adalah 62,4%. Besarnya pengaruh masing-masing variabel yaitu minat belajar terhadap hasil belajar sebesar 23,2%, pengaruh aktivitas belajar terhadap hasil belajar sebesar 12,1%. Mengacu dari hasil penelitian, penulis dapat mengajukan saran 1) siswa hendaknya meningkatkan minat belajar terutama pada aspek kemauan belajar dengan meningkatkan frekuensi belajar mengetik yang selama ini kurang agar hasil belajar mengetik yang akan dicapainya meningkat, 2) Aktivitas belajar siswa yang mendukung keberhasilannya dalam kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan guru juga perlu diperhatikan terutama kesungguhannya dalam membuat catatan hal-al penting dari penjelasan guru, kesungguhan dalam mengerjakan latihan serta berusaha menumbuhkan kepercayaan dirinya agar berani bertanya selama pembelajaran berlangsung, dan 3) bagi peneliti lain yang hendak melakukan penelitian sejenis hendaknya menggunakan variabel yang lebih luas sehingga diperoleh informasi yang lebih lengkap tentang faktor-faktor yang menetukan hasil belajar siswa sebagai dasar penentuan kebijakan guru dalam pengajaran

Download

Pengaruh Minat Belajar dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Mengetik Manual Dengan Sistem 10 (Sepuluh) Jari Siswa Kelas I Program Keahlian Administrasi Perkantoran, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets