Pengaruh Modal Sendiri Dan Modal Pinjaman Terhadap Sisa Hasil Usaha (SHU) Pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Se Kabupaten Demak.

This item was filled under [ Akuntansi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (111 votes cast)

Tugas akhir akuntansi : Pengaruh Modal Sendiri Dan Modal Pinjaman Terhadap Sisa Hasil Usaha (SHU) Pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Se Kabupaten Demak.

Choiriyah, Mailiya. 2005. Skripsi jurusan ekonomi, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Koperasi sebagai soko guru perekonomian Indonesia, meskipun tidak berorientasimencari keuntungan semata akan tetapi usaha-usaha yang dikelola harus tetap memperolehpenghasilan yang layak demi menjaga kelangsungan hidup dan meningkatkan kemampuanusaha. Demikian halnya pada KPRI di kabupaten Demak setiap usaha yang dijalankanbertujuan untuk memperoleh Sisa Hasil Usaha (SHU) yang wajar. Mengingat fungsi SHUyang sangat penting bagi kelangsungan hidup KPRI, maka usaha-usaha yang dijalankanharus senantiasa dapat meningkatkan perolehan SHU. Salah satu upaya untuk meningkatkanSHU tersebut adalah dengan menggunakan modal yang dimiliki KPRI, baik Modal Sendirimaupun Modal Pinjaman secara efisien serta memiliki struktur finansial dan struktur modalyang baik. Dengan Modal Sendiri dan Modal Pinjaman yang digunakan untuk mengelolausaha-usaha KPRI, diharapkan dapat meningkatkan SHUnya. Permasalahan dalampenelitian ini adalah: (1) Bagaimana Struktur Finansial dan Struktur Modal pada KPRI diKabupaten Demak? (2) Adakah pengaruh Modal Sendiri dan Modal Pinjaman terhada SHUpada KPRI se Kabupaten Demak? (3) Berapa besar pengaruh Modal Sendiri dan ModalPinjaman terhadap SHU pada KPRI se Kabupaten Demak?. Penelitian ini bertujuan untuk:(1)Mengetahui Struktur finansial dan Struktur Modal KPRI di Kabupaten Demak(2) Mengetahui adakah pengaruh Modal Sendiri dan Modal Pinjaman terhadap SHU padaKPRI se Kabupaten Demak (3) Mengetahui seberapa besar pengaruh Modal Sendiri danModal Pinjaman terhadap SHU pada KPRI se Kabupaten Demak.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh KPRI di Kabupaten Demak berjumlah45. Pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik purposive sampling (sample bertujuan)dengan jumlah 35 KPRI. Dalam penelitian ini terdiri dari 2 (dua) variabel bebas yaitu ModalSendiri (X1) dan Modal Pinjaman (X2) serta variabel terikat SHU (Y). Metode yangdigunakan untuk mengumpulkan data adalah metode wawancara dan metode dokumentasi.Sedangkan untuk menganalisis data digunakan metode regresi linear berganda denganbantuan program SPSS (Statistical Product And Service Solution).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur finansial dan struktur modal KPRI diKabupaten Demak dalam keadaan baik, hal ini ditunjukkan dengan prosentase rasio modalsendiri lebih besar dibandingkan modal pinjaman (hutang jangka pendek dan hutang jangkapanjang) sehingga menjamin likuiditas dan solvabilitas KPRI, sedangkan hasil perhitunganmenunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara Modal Sendiri (X1) dan ModalPinjaman (X2) terhadap SHU (Y). Dari hasil perhitungan tersebut diperoleh persamaan garisregresinya adalah Y= 2712707,8 + 7,155X1 – 1,300X2. Besarnya pengaruh Modal Sendiri(X1) dan Modal Pinjaman (X2) terhadap SHU (Y) secara simultan ditunjukkan oleh nilai Fhitung sebesar 24,542 pada taraf signifikansi 0,00 atau lebih kecil dari 5%, dengankontribusi pengaruh sebesar 60,50% sedangkan selebihnya 39,50% ditentukan faktor lain diluar penelitian ini.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yangsignifikan antara Modal Sendiri (X1) dan Modal Pinjaman (X2) terhadap SHU (Y) padaKPRI se Kabupaten Demak. Saran yang dapat penulis berikan dari hasil penelitian adalahhendaknya pengurus KPRI berusaha mengajak anggotanya untuk meningkatkan besarnyasimpanan pokok dan simpanan wajib sebagai upaya meningkatkan besarnya jumlah ModalSendiri.

Download

Pengaruh Modal Sendiri Dan Modal Pinjaman Terhadap Sisa Hasil Usaha (SHU) Pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Se Kabupaten Demak., 4.8 out of 5 based on 111 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets