Pengaruh Modal Sendiri dan Modal Pinjaman Terhadap Tingkat Rentabilitas Pada Koperasi Serba Usaha di Kabupaten Blora

This item was filled under [ Manajemen ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (32 votes cast)

skripsi jurusan Manajemen: Pengaruh Modal Sendiri dan Modal Pinjaman Terhadap Tingkat Rentabilitas Pada Koperasi Serba Usaha di Kabupaten Blora

Novi Andriani, Eka. 2009. Skripsi Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang.

Dalam pengoperasian usaha, koperasi bertujuan untuk menghasilkan Sisa Hasil Usaha (SHU). Oleh karena itu perlu adanya prediksi kemampuan koperasi dalam menghasilkan laba dari modal yang digunakan yang disebut rentabilitas. Perolehan nilai rentabilitas besarnya modal sendiri sangat berpengaruh terhadap besarnya keuntungan yang akan diperoleh, dengan semakin besar keuntungan maka didapat nilai rentabilitas semakin besar. Setiap pemakaian modal sendiri dalam operasional koperasi maka keuntungan yang diperoleh akan lebih besar (Amidipradja, 2005:117). Namun berdasar penelitian Pieter Lienenpun (2002) penggunaan modal sendiri yang besar tidak selalu memperoleh keuntungan yang besar. Sehingga rumusan masalahnya adakah pengaruh antara modal sendiri dan modal pinjaman terhadap rentabilitas baik secara parsial maupun simultan.

Objek yang diteliti adalah Koperasi Serba Usaha (KSU) di Kabupaten Blora sebanyak 50 koperasi, sampel yang diambil adalah 30 KSU dengan teknik purposive sampling. Adapun syarat yang digunakan yaitu: berdiri lebih dari 7 tahun, memiliki usaha lebih dari dua jenis usaha, mempunyai modal sendiri dan modal pinjaman dari luar, beranggotakan minimal 30 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan model regresi linear berganda Hasil penelitian menunjukkan bahwa modal sendiri dan modal pinjaman berpengaruh terhadap rentabilitas secara simultan. Secara parsial modal sendiri (X1) dan modal pinjaman (X2) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap rentabilitas. Besarnya pengaruh modal sendiri dan modal pinjaman terhadap rentabilitas dapat dilihat dari koefisien determinasi (R2) secara simultan adalah 17,60% sedangkan sisanya sebesar 82,40% dipengaruhi oleh faktor lain.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah secara simultan modal sendiri dan modal pinjaman mempengaruhi rentabilitas. Secara parsial modal sendiri dan modal pinjaman berpengaruh negatif terhadap rentabilitas, karena kurangnya perencanaan dalam memprediksi penjualan, kesalahan perhitungan persediaan dan tidak mengelola modal dengan baik dan banyak dana yang menganggur di kas yang tidak menghasilkan pendapatan. Saran yang diberikan kepada koperasi agar dalam pengoperasian usaha perlu adanya rencana yang matang dan perlu adanya pertimbangan seberapa besar penggunaan modal sendiri dan modal pinjaman dalam menjalankan usahanya. Selain itu koperasi juga perlu memperhatikan aktiva lancar pada kas tidak perlu terlalu banyak karena akan mengakibatkan dana menjadi beku.

Download

Pengaruh Modal Sendiri dan Modal Pinjaman Terhadap Tingkat Rentabilitas Pada Koperasi Serba Usaha di Kabupaten Blora, 5.0 out of 5 based on 32 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets