Pengaruh Modal terhadap Peningkatan Perolehan SHU pada KPRI Al-Ikhlas MAN I Semarang

This item was filled under [ Pendidikan Ekonomi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (113 votes cast)

Skripsi jurusan pendidikan ekonomi : Pengaruh Modal terhadap Peningkatan Perolehan SHU pada KPRI Al-Ikhlas MAN I Semarang

Nur Azizah. 2005. Jurusan pendidikan ekonomi, FakultasIlmu sosial. Universitas Negeri Semarang.

Modal mempunyai peranan penting untuk menjalankan kegiatan usaha di koperasi. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini antara lain: (1) Adakah pengaruh modal terhadap peningkatan SHU KPRI Al-Ikhlas MAN I Semarang?. (2) Seberapa besar pengaruh modal terhadap peningkatan SHU KPRI Al-Ikhlas MAN I Semarang? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) pengaruh modal terhadap peningkatan SHU KPRI Al-Ikhlas MAN I Semarang;; (2) besarnya pengaruh modal terhadap peningkatan SHU KPRI Al-Ikhlas MAN I Semarang.

Populasi dalam penelitian ini adalah anggota KPRI Al-Ikhlas MAN I Semarang yang berjumlah 79 orang. sampel yang diambil 65 orang dengan teknik puposif smapling yaitu atas dasar anggota memiliki data lengkap tentang modal dari tahun 2002-2004. Ada dua variabel yang dikaji dalam penelitian ini. (1) modal dan (2) SHU sebagai variabel terikat. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi untuk memperoleh data modal dan SHU, serta menggunakan angket untuk mengungkap layanan. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan deskriptif persentase dan analisis regresi linier dengan menggunakan program statistik SPSS.

Hasil analisis regresi diperoleh t sebesar 3,514 > t (2,00) dengan hitung tabelprobabilitas 0,001 < 0,05 yang berarti ada pengaruh positif perkembangan modal terhadap peningkatan perolehan SHU anggota KPRI Al Ikhlas MAN I Semarang. Semakin tinggi perkembangan modal anggota koperasi maka perputaran koperasi akan semakin lancar dan akan memperoleh pendapatan yang salah satunya dialokasikan ke SHU anggota. Besarnya pengaruh perkembangan modal terhadap peningkatan perolehan SHU anggota KPRI Al Ikhlas MAN I Semarang adalah 16,4%, selebihnya 83,6% dipengaruhi faktor lain di luar penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modal secara nyata berpengaruh positif terhadap peningkatan perolehan SHU KPRI Al-Ikhlas MAN I Semarang. Untuk memenuhi modal koperasi pengurus harus lebih aktif menggerakkan anggotanya untuk berperan serta dalam pemupukan modal koperasi dengan jalan mengajak anggota menaikkan jumlah simpanan pokok dan wajib. Kepada peneliti lain hendaknya melakukan penelitian serupa dengan menambah variabel lain di luar penelitian ini, mengingat masih banyak faktor lain yang berpengaruh terhadap peningkatan perolehan SHU.

Download

Pengaruh Modal terhadap Peningkatan Perolehan SHU pada KPRI Al-Ikhlas MAN I Semarang, 4.8 out of 5 based on 113 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets