PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAPPRESTASI BELAJAR PRAKTIK MOTOR LISTRIK SISWAJURUSAN TEKNIK LISTRIK DI SMK MIGAS CEPU

This item was filled under [ Teknik elektro ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi JURUSAN Teknik Elektro: PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAPPRESTASI BELAJAR PRAKTIK MOTOR LISTRIK SISWAJURUSAN TEKNIK LISTRIK DI SMK MIGAS CEPU

Diah Kartikaningsih, 2007. , Skripsi JURUSAN Teknik Elektro FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2007

Pada dasarnya setiap siswa mempunyai potensi yang perlu dikembangkandan direalisasikan di dalam bentuk prestasi nyata, salah satunya adalah prestasibelajar . Mengenai pencapaian prestasi pelajar siswa berasal dari siswa sendiri danberasal dari luar siswa. Berdasarkan hal tersebut peneliti ingin mengetahuiseberapa besar pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar praktik motorlistrik siswa SMK Migas Cepu.

Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh positif antara motivasibelajar dan prestasi belajar praktik motor listrik siswa SMK Migas Cepu. Dalampenelitian ini populasi yang diambil adalah seluruh siswa jurusan listrik SMKMigas Cepu tahun pelajaran 2006/2007 yang mengambil mata pelajaran praktikmotor listrik, yakni siswa kelas III yang berjumlah 29 siswa, sedangkan teknikpengambilan sampelnya adalah Purposive Sampling dan yang menjadi sampeladalah siswa jurusan listrik yang mengambil mata pelajaran praktik motor listrikkelas III yang berjumlah 29 siswa. Analisis data yang digunakan adalah denganmenggunakan regresi, yang dilakukan dengan komputer program SPSS versi 10.0.
Berdasarkan hasil uji regresi didapatkan bahwa terdapat pengaruh yangsignifikan antara variabel motivasi berlajar terhadap prestasi siswa dengandidapatkan nilai Fhitung sebesar 25,260 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05,sedangkan pada perbandingan antara Fhitung dengan Ftabel didapatkan besarnya Ftabelsebesar 4,1830 sehingga Fhitung > Ftabel. Berarti hipotesis kerja diterima.
Saran dari penelitian ini, yaitu maka diharapkan kepada semua gurusebagai pendidik agar dapat selalu menumbuhkan motivasi belajar yang tinggikepada semua siswa didiknya agar dapat dicapai tujuan pendidikan yangdirefleksikan dengan prestasi belajar yang menggembirakan. Sedangkan padaorang tua siswa diharapkan untuk dapat selalu memantau prestasi belajar putranyaagar apabila terjadi penurunan prestasi belajar dapat segera memberi dukungandan semangat kepada putranya untuk tetap giat belajar.

Download

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAPPRESTASI BELAJAR PRAKTIK MOTOR LISTRIK SISWAJURUSAN TEKNIK LISTRIK DI SMK MIGAS CEPU, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets