Pengaruh Motivasi dan Disiplin Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Kantor Pengadilan Negeri Kota Tegal

This item was filled under [ Fisika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan fisika: Pengaruh Motivasi dan Disiplin Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Kantor Pengadilan Negeri Kota Tegal

Asrining Tyas, 2006, Skripsi fisika, Fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam, Universitas Negeri Semarang.

Motivasi merupakan salah satu faktor yang dapat mendukung efektivitas kerja, karena motivasi adalah keadaan intern diri seseorang yang mengaktifkan dan mengarahkan tingkah lakunya kepada sasaran tertentu. Adanya motivasi kerja yang terdapat dalam diri pegawai yang disertai oleh disiplin kerja yang baik merupakan dua aspek yang sangat diharapkan oleh instansi. Efektivitas kerja di sini tidak akan dapat meningkat tanpa adanya motivasi kerja yang tinggi untuk melakukan pekerjaan dengan optimal tanpa ada tekanan dan paksaan dari orang lain yang diimbangi oleh disiplin yang tinggi. Melihat pentingnya motivasi dan disiplin kerja bagi para pegawai, maka dalam hal ini kantor Pengadilan Negeri Kota Tegal juga perlu memperhatikan hal tersebut agar dapat meningkatkan efektivitas kerja para pegawainya. Dimana kantor tersebut masih ada kesenjangan yang terjadi, misalnya pegawai yang sering datang terlambat. Berdasarkan hal tersebut, permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah motivasi dan disiplin kerja pegawai, bagaimanakah efektivitas kerja pegawai kantor pengadilan Negeri Kota Tegal, adakah pengaruh motivasi terhadap efektivitas kerja pegawai, dan adakah pengaruh disiplin terhadap efektivitas kerja pegawai serta adakah pengaruh motivasi dan disiplin terhadap efektivitas kerja pegawai kantor Pengadilan Negeri Kota Tegal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi dan disiplin kerja yang ada di kantor Pengadilan Negeri Kota Tegal, mengetahui efektivitas kerja di kantor tersebut, untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi terhadap efektivitas kerja pegawai, mengetahui ada tidaknya pengaruh disiplin terhadap efektivitas kerja pegawai, dan mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi dan disiplin terhadap efektivitas kerja pegawai kantor Pengadilan Negeri Kota Tegal..

Populasi penelitian ini adalah semua pegawai kantor Pengadilan Negeri Kota Tegal yang berjumlah 37 orang. Penelitian ini merupakan penelitian populasi karena anggota populasi sekaligus menjadi anggota sampel, dimana jumlah populasi kurang dari 100. Variabel dalam penelitian ini meliputi motivasi kerja dan disiplin kerja sebagai variabel bebas serta efektivitas kerja sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan metode dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase dan teknik analisi regresi berganda dengan menggunakan program statistik SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi kerja pegawai kantor Pengadilan Negeri Kota Tegal termasuk kategori tinggi dengan bobot persentase skor 71,00%, disiplin kerja pegawai termasuk kategori tinggi dengan bobot persentase skor 78,00% dan efektivitas kerja pegawai termasuk kategori tinggi pula dengan persentase skor 75,39%. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan regresi :Y= 3,332 + 0,292X ˆ1 + 0,278X2. Hasil uji parsial dengan uji t memperoleh thitung untuk variabel motivasi kerja sebesar 3,208 dengan signifikansi 0,003 < 0,05, hal ini menunjukkan bahwa motivasi kerja berpengaruh secara signifikan terhadap efektivitas kerja pegawai sedangkan untuk variabel disiplin kerja diperoleh thitung sebesar 2,492 dengan signifikansi 0,018 < 0,05, hal ini menunjukkan bahwa variabel disiplin kerja berpengaruh secara signifikan terhadap efektivitas kerja pegawai. Uji simultan dengan uji F diperoleh F hitung = 28,224 dengan harga signifikansi sebesar 0,000< 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa secara bersama-sama motivasi kerja dan disiplin kerja berpengaruh secara signifikan terhadap efektivitas kerja pegawai kantor Pengadilan Negeri Kota Tegal. Bertolak dari hasil penelitian di mana motivasi kerja dan disiplin kerja berpengaruh terhadap efektivitas kerja pegawai, maka penulis mengajukan saran sebagai berikut: pihak pimpinan hendaknya memberikan perhatian serius dan solusi terutama pada aspek pemenuhan kebutuhan fisiologis pegawai agar motivasi kerja pegawai dapat dipertahankan dan tetap berusaha untuk meningkatkannya ke arah yang lebih baik. Dengan pemenuhan kebutuhan fisiologis berupa gaji yang memadai, maka karyawan akan dapat bekerja secara efektif tanpa ada kekhawatiran

Download

Pengaruh Motivasi dan Disiplin Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Kantor Pengadilan Negeri Kota Tegal, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets