Pengaruh nilai marjin pemasaran terhadap pendapatan pengrajin gula kelapa di Desa Karangduren, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang

This item was filled under [ Pendidikan Ekonomi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.7/5 (113 votes cast)

Skripsi jurusan ekonomi: Pengaruh nilai marjin pemasaran terhadap pendapatan pengrajin gula kelapa di Desa Karangduren, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang

Puji Astuti. 2005.Skripsi jurusan ekonomi, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Gula kelapa merupakan hasil pertanian yang distribusinya memerlukanpihak lain yaitu pedagang perantara. Pedagang perantara mengeluarkan biaya danmenarik keuntungan yang merupakan komponen marjin pemasaran. Nilai marjinpemasaran adalah beda harga yang dibayar oleh konsumen akhir dengan hargayang diterima pengrajin dikalikan dengan jumlah yang ditransaksikan. Dilihat darisudut produsen harga mempengaruhi pendapatan dan kelangsungan hidupnya,sedangkan dilihat dari sudut konsumen harga merupakan salah satu pertimbangandalam menentukan jumlah produk yang akan dibeli.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah adakah pengaruhnilai marjin pemasaran terhadap pendapatan pengrajin gula kelapa di DesaKarangduren, Kecamatan Tengaran, kabupaten Semarang? Penelitian inibertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh nilai marjin pemasaranterhadap pendapatan pengrajin gula kelapa di Desa Karangduren, KecamatanTengaran, kabupaten Semarang.

Populasi dalam penelitian ini adalah semua pengrajin gula kelapa DesaKarangduren, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang, dengan jumlahseluruhnya 603 pengrajin, pedagang pengumpul 12 orang dan pedagang pengecer24 orang. Untuk pengrajin pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakanteknik area probability random sampling dan besarnya 10% dari jumlah populasisehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 60 pengrajin. Metode pengumpulandata yang digunakan adalah metode angket, metode wawancara dan studi pustaka.Metode analisis data yang digunakan yaitu metode analisis diskripsi dan metodeanalisis regresi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa korelasi antara nilai marjinpemasaran dengan pendapatan pengrajin gula kelapa adalah rxy = 0,466.Persamaan garis yang terbentuk Y = 2,015 X + 3899,032 yang berarti bahwakenaikan rata-rata tiap unit dari nilai marjin pemasaran yang mempengaruhipendapatan gula kelapa adalah 2,015. Dari analisis regresi F hitung dapatdiketahui bahwa ada pengaruh antara nilai marjin pemasaran terhadap pendapatan.Hal ini ditunjukkan dari perhitungan F hitung > F tabel (16,109 > 4,00).Sumbangan efektif dari variabel nilai marjin pemasaran adalah 21,7%.

Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa ada pengaruh antara nilai marjinpemasaran terhadap pendapatan pengrajin gula kelapa di Desa Karangduren,Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang sebesar 21,7%.

Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para pengrajin gulakelapa maupun pedagang perantara, Pengrajin dalam memasarkan gula kelapadapat memilih salah satu dari empat macam saluran pemasaran yang ada. Marjinterbesar terdapat pada saluran pemasaran dari produsen ke pedagang pengecer kekonsumen dan dari produsen ke pedagang pengumpul ke pedagang pengecer barukemudian ke konsumen. Pengrajin gula kelapa di Desa Karangduren KecamatanTengaran Kabupaten Semarang diharapkan memilih saluran yang dari produsenke pedagang pengumpul ke pedagang pengecer baru kemudian ke konsumenkarena dengan marjin yang sama besar bagian harga yang diterima pengrajin daharga yang dibayar konsumen sama besar tetapi dapat melibatkan dua pedagangperantara.

Download

Pengaruh nilai marjin pemasaran terhadap pendapatan pengrajin gula kelapa di Desa Karangduren, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang, 4.7 out of 5 based on 113 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets