Pengaruh nilai MPB, serta Peran Pembimbing, dan Pamong terhadap Prestasi PPL Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Ekonomi FIS UNNES Angkatan Tahun 2001.

This item was filled under [ Ekonomi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (110 votes cast)

Skripsi jurusan ekonomi: Pengaruh nilai MPB, serta Peran Pembimbing, dan Pamong terhadap Prestasi PPL Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Ekonomi FIS UNNES Angkatan Tahun 2001.

Sri Artinah. 2005.Skripsi jurusan ekonomi, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Prestasi PPL mahasiswa dipengaruhi oleh berbagai faktor. Diantaranyaadalah kemampuan dasar dan pengalaman yang relevan dengan PPL dalam hal iniadalah Matakuliah Perilaku Berkarya (MPB), serta peran Pembimbing dan Pamongsebagai pembimbing, pengawas sekaligus penilai dalam pelaksanaan PPL. Namunkebenaran ini perlu dibuktikan melalui kegiatan penelitian agar diperoleh jawabanyang akurat.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruhnilai MPB, serta Peran Pembimbing, dan Pamong terhadap Prestasi PPL MhasiswaProgram Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Ekonomi FIS UNNES AngkatanTahun 2001? (2) Seberapa besar pengaruh nilai MPB, serta Peran Pembimbing, danPamong terhadap Prestasi PPL Mahasiswa Program Studi Pendidikan AkuntansiJurusan Ekonomi FIS UNNES Angkatan Tahun 2001? Penelitian ini bertujuan (1)Untuk mengetahui adakah pengaruh nilai MPB, serta Peran Pembimbing, danPamong terhadap Prestasi PPL Mahasiswa Program Studi Pendidikan AkuntansiJurusan Ekonomi FIS UNNES Angkatan Tahun 2001, secara parsial maupunsimultan. (2) Untuk mengetahui besarnya pengaruh nilai MPB, serta Pembimbing,dan Pamong terhadap Prestasi PPL Mahasiswa Program Studi Pendidikan AkuntansiJurusan Ekonomi FIS UNNES Angkatan Tahun 2001, secara parsial maupunsimultan.

Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa Program Studi PendidikanAkuntansi Jurusan Ekonomi FIS UNNES Angkatan Tahun 2001 yang berjumlah 75orang dan merupakan penelitian populasi. Ada empat variabel yang dikaji dalampenelitian, yaitu (1) nilai MPB, (2) peran Pembimbing, (3) peran Pamong, dan (4)prestasi PPL. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi danangket. Data yang dikumpulkan dianalisis deskriptif persentase dan teknik RegresiBerganda 3 prediktor.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai MPB, serta Peran Pembimbing,dan Pamong berpengaruh terhadap Prestasi PPL Mahasiswa Program StudiPendidikan Akuntansi Jurusan Ekonomi FIS UNNES Angkatan Tahun 2001.

Berdasarkan hasil analisis statistik didapat persamaan regresi sebagai berikut Y =64,713 + 0,128 X1 + 0,145 X2 + 0,210 X3, terdapat pengaruh yang signifkanantara nilai MPB, serta Peran Pembimbing, dan Pamong terhadap Prestasi PPL. Halini dapat diketahui dari Fhitung sebesar 17,784 adalah signifikan pada taraf 0,000 ataulebih kecil dari 0,05%. Dengan sumbangan dari variabel nilai MPB serta PeranPamong, dan Pembimbing sebesar 30,4%, sisanya 69,6% dipengaruhi oleh faktorlain diluar penelitian ini. Koefisien parsial untuk X1 sebesar adalah 2,047 signifikanpada taraf 0,044 atau lebih kecil dari 0,05%. Koefisien parsial untuk X2 adalah 2,003signifikan pada taraf 0,049% atau lebih kecil dari 0,05%. Koefisien parsial untuk X3adalah 2,419 signifikan pada taraf 0,018 atau lebih kecil dari 0,05%. Koefisiendeterminasi parsial untuk X1 sebesar 5,57%, untuk X2 sebesar 5,54%, dan untuk X3sebesar 7,62%.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Nilai MPBMahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Ekonomi FIS UNNESAngkatan tahun 2001 merupakan modal berharga bagi pencapaian prestasi PPLdemikian juga bimbingan, dan pengawasan sekaligus penilaian Pembimbing danPamong.

Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para Dosen maupunPembimbing, dan Pamong maupun pihak Jurusan. Metode mengajar ceramah, tanyajawab, penugasan, dan latihan dapat digunakan oleh Dosen dalam memberikanmateri PPA agar mahasiswa mudah menerima. Metode mengajar ceramah, tanyajawab dan diskusi dapat digunakan oleh Dosen dalam memberikan materi SBMAagar mahasiswa mudah menerima. Metode mengajar ceramah, tanya jawab danpenugasan dapat digunakan oleh Dosen dalam memberikan materi EPA agarahasiswa mudah menerima.Demikian juga dengan Pembimbing dimohon untuklebih memberikan waktu dan bimbingan dalam pelaksanaan PPL. Pamong dimohonuntuk dapat meningkatkan kualitas bimbingannya dalam pelaksanaan PPL.

Download

Pengaruh nilai MPB, serta Peran Pembimbing, dan Pamong terhadap Prestasi PPL Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Ekonomi FIS UNNES Angkatan Tahun 2001., 4.9 out of 5 based on 110 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets