PENGARUH NILAI TAMBAH SUBSEKTOR PERTANIAN TERHADAP PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB) DI KABUPATEN DEMAK

This item was filled under [ sendratasik ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi JURUSAN Staterkom: PENGARUH NILAI TAMBAH SUBSEKTOR PERTANIAN TERHADAP PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB) DI KABUPATEN DEMAK

Latifatul Khasanah , 2006. Skripsi JURUSAN Staterkom,FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM , UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2006

Gambaran perekonomian Kabupaten Demak pada tahun ke tahun ditandai dengan laju pertumbuhan yang meningkat. Hal ini ditunjukkan oleh besarnya Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) tiap tahun yang merupakan alat pengukur potensi dari suatu wilayah dan kemakmuran ekonomi penduduk Kabupaten. PDRB mendapatkan dukungan dari 9 sektor lapangan usaha (kegiatan ekonomi) yang mencakup sektor pertanian, industri pengolahan, listrik, bangunan, perdagangan, angkutan. Bank dan jasa. Namun dari tahun ke tahun sector yang menempati urutan tertinggi sebagai pendukung perekonomian Kabupaten Demak adalah sector pertanian.

Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data skunder yaitu data yang sudah dioalah kemudian dianalisis lanjut. Tujuan analisis data adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh nilai tambah bruto subsektor pertanian terhadap PDRB di Kabupaten Demak, dan dengan melihat PDRB periode 1994-2004.
Populasi dari penelitian ini adalah PDRB di Kabupaten Demak, yang diperoleh dari data PDRB atas dasar harga berlaku. Sampel dari penelitian ini adalah nilai tambah bruto subsektor pertanian atas dasar harga berlaku di Kabupaten Demak tahun 1994-2004.
Untuk pengujian ini, digunakan variabel Xi dan Y. Xi menyatakan nilai tambah subsektor ke-i (i = 1,2,…,5) dan Y menyatakan besarnya PDRB. Uji Statistik yang dipakai adalah uji normalitas untuk menguji kenormalan data. Kemudian dilakukan analisis regresi linier sederhana dan analisis linier ganda untuk mengetahui pengaruh nilai tambah subsektor pertanian terhadap PDRB di Kabupaten Demak.
Berdasarkan uji normalitas diperoleh sampel berdistribusi normal. Berdasarkan hasil pengolahan SPSS (lampiran 9) diperoleh nilai sig = 0,000<0,05 maka Ho ditolak jadi model regresi linier. Pada tabel coefficients (lampiran 9) diperoleh bentuk persamaan regresinya 5 4 3 2 1 493 , 1 225 , 6 020 , 1 329 , 1 894 , 1 4 , 144515 ˆ X X X X X Y + + + - + = . Berdasarkan analisis korelasi diperoleh koefisien korelasi r = 0,999. Hal ini menunjukkan adanya hubungan antara variabel X dan Y. Dari hasil pengolahan SPSS diperoleh koefisien determinasi (R2) sebesar 0,998 atau 99,8%. Ini menunjukkan bahwa secara bersama-sama subsektor pertanian memberikan kontribusi sebesar 99,8% dan sisanya dipengaruhi faktor lain. Berdasarkan perhitungan ramalan PDRB (lampiran 11) diperoleh hasil ramalan untuk tahun 2005 sebesar 3.126.719,4 juta rupiah dan untuk tahun 2006 sebesar 3.361.723,3 juta rupiah. Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat diperoleh saran bahwa untuk peningkatan PDRB tahun berikutnya diperlukan adanya dukungan dari subsektor tanaman bahan makanan, subsektor tanaman perkebunan, subsektor peternakan dan hasil-hasilnya, subsektor kehutanan dan perburuan, dan subsektor perikanan untuk itu pemerintah Kabupaten Demak perlu memberikan perhatian dan kebijakan khusus bagi kelima subsektor pertanian tersebut.

Download

PENGARUH NILAI TAMBAH SUBSEKTOR PERTANIAN TERHADAP PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB) DI KABUPATEN DEMAK, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets