Pengaruh Obyek Wisata Candi Borobudur Terhadap Perilaku Sosial Ekonomi Pedagang di Kawasan Taman Wisata Candi Borobudur Kabupaten Magelang

This item was filled under [ hukum dan kwarganegaraan ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (114 votes cast)

Skripsi jurusan Hukum dan Kwarganegaraan: Pengaruh Obyek Wisata Candi Borobudur Terhadap Perilaku Sosial Ekonomi Pedagang di Kawasan Taman Wisata Candi Borobudur Kabupaten Magelang.

Listiana, Afri. 2005. Skripsi Hukum dan Kwarganegaraan, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Bangsa Indonesia memiliki kekayaan alam yang menjadi sumber daya danmodal yang besar artinya bagi usaha penanganan dan peningkatan kepariwisataan.Dengan adanya pembangunan di bidang pariwisata dapat memperluas lapangan kerjadan membantu meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat. TamanWisata Candi Borobudur sebagai obyek wisata yang menyediakan lapanganpekerjaan bagi masyarakat sekitarnya dengan bekerja sebagai pedagang di TamanBorobudur. Adanya para wisatawan dan minat usaha yang besar dari para pedagangakan mempengaruhi perilaku social ekonomi yang tampak dari cara-cara danaktivitas-aktivitas pedagang dalam kegiatan ekonomi mereka sebagai pedagang diTaman Wisata Candi Borobudur. Sebagai makhluk social para pedagang jugamelakukan interaksi social yang terjalin dalam kehidupan social pedagang di TamanWisata Candi Borobudur. Dalam berinteraksi social para pedagang, selain akanterjalin kerjasama-kerjasama juga tidak lepas dari benturan-benturan dan konflikkonflikyang dikarenakan perbedaan kepentingan diantara para pedagang.

Permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah (1) bagaimanakahpengaruh Obyek Wisata Candi Borobudur terhadap perilaku social ekonomipedagang di Taman Borobudur, (2) bagaimanakah pola interaksi social para pedagangdi Taman Borobudur . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran secaraumum tentang pengaruh obyek wisata candi borobudur terhadap perilaku socialekonomi pedagang dan pola-pola interaksi social pedagang di Taman Wisata CandiBorobudur.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan mengambil lokasi diaman Wisata Candi Borobudur Kabupaten Magelang. Fokus dalam penelitian iniadalah perilaku social ekonomi pedagang dan pola interaksi social dalam berbagaiaspek kehidupan. Sumber data dalam penelitian ini yaitu pegawai PT Taman WisataCandi Borobudur dan para pedagang di Taman Wisata Candi Borobudur. Metodepengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.Dalam penelitian ini teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan yaitu tekniktriangulasi sumber, sedangkan metode analisis data yang digunakan yaitu modelanalisis interaktif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku social ekonomi pedagangtampak dalam cara-cara dan aktivitas-aktivitas para pedagang dalam kegiatanekonomi mereka sebagai pedagang yang meliputi kegiatan pengadaan barangdagangan, pembagian barang dagangan, penentuan harga barang dagangan,penawaran barang dagangan, penjualan barang dagangan, pembagian tempatberdagang, kerjasama ekonomi dan pemanfaatan peluang ekonomi. Dalam interaksiocial tampak dalam pola interaksi social pedagang yang terbagi menjadi dua polayaitu pola interaksi social asosiatif yang berupa kerjasama dalam berbagai aspekkehidupan yaitu ekonomi, social, agama, kebersihan lingkungan, hokum, keamanandan ketenangan lingkungan serta adanya akomodasi dan asimilasi. Pola yang keduayaitu pola interasi social disosiatif yang berupa persaingan dan pertentangan ataupertikaian. Adanya obyek wisata candi borobudur memberikan pengaruh positif bagiperilaku social ekonomi pedagang yaitu semakin luasnya kesempatan usaha,membuka lapangan pekerjaan, meningkatkan pendapatan dan pola piker pedagangdalam pengembangan usaha dagang. Sedangkan pengaruh negatifnya yaitumeningkatnya harga di daerah wisata, adanya persaingan dan pertentangan ataupertikaian dan pencemaran lingkungan.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keberadaan tamanborobudur berpengaruh terhadap perilaku social ekonomi pedagang. Proses interaksisocial menghasilkan dua pola yaitu pola interaksi social asosiatif dan pola interaksisocial disosiatif. Saran yang disampaikan yaitu bagi pedagang agar memiliki sikapterbuka untuk menerima perbedaan-perbedaan agar dapat menghindari persaingandan pertentangan atau pertikaian. Bagi pihak PT Taman Borobudur agar lebih aktif memberikan penyuluhan untuk mencegah persaingan dan pertentangan ataupertikaian antara pedagng untuk menciptakan lingkungan taman yang aman dannyaman.

Download

Pengaruh Obyek Wisata Candi Borobudur Terhadap Perilaku Sosial Ekonomi Pedagang di Kawasan Taman Wisata Candi Borobudur Kabupaten Magelang, 4.8 out of 5 based on 114 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets