Pengaruh Partisipasi Anggota Terhadap Sisa Hasil Usaha Di Koperasi Pegawai Rewpublik Indonesia (KPRI) “ TUMBAL” Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis

This item was filled under [ Ekonomi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (34 votes cast)

Skripsi Jurusan Ekonomi: “ Pengaruh Partisipasi Anggota Terhadap Sisa Hasil Usaha Di Koperasi Pegawai Rewpublik Indonesia (KPRI) “ TUMBAL” Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis”

Agus Taufik Ismail. 2007. Skripsi Jurusan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang.

Peranan partisipasi anggota sangatlah penting dalam segala kegian perkoperasian. Partisipasi anggota terhadap koperasi meliputi partisipasi anggpta dalam bidang pengambilan keputusan, dalam bidang modal dan dalam bidang penggunaan jasa koperasi. Peranan partisipasi anggota sangatlah berpengaruh terhadap SHU yang di dapat oleh koperasi, yang pada akhirnya SHU yang didapat oleh koperasi kembali lagi kepada anggota sesuai dengan partisipasi anggota tersebut terhadap koperasinya. Permasalahan yang peneliti ajukan adalah (1) Adakah pengaruh partisipasi anggota terhadap sisa hasil usaha (SHU) di Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) “TUMBAL” Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis. (2) Seberapa besarkah pengaruh partisipasi anggota terhadap sisa hasil usaha (SHU) di Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) “TUMBAL” Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh partisipasi anggota terhadap sisa hasil usaha
(SHU) di Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) “TUMBAL” Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis. (2) Untuk mengetahui seberapa besarkah pengaruh partisipasi anggota terhadap sisa hasil usaha (SHU) di Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) “TUMBAL” Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruah anggota KPRI “TUMBAL” Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis yang berjumlah 703 anggota. .

Pengambilan sample menggunakan simple random sampling yang berjumlah 70 anggota. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel partisipasi anggota sebagai variabel sebagai variabel bebas (X) dan variabel sisa hasil usaha (SHU) sebagai variabel terikat (Y). Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan diskriptif persentase dan analisia regresi sederharna.
Melalui analisi regresi diketahui Fhitung sebesar 36,154 yang kemudian dikonsultasikan dengan F table dengan taraf signifikan 5% adalah 3,985. Dengan demikian berarti Fhitung > F table atau 36,154 >3,985. Dari hasil tersebut maka Hipotesis hihil (Ho) dinyatakan ditolak. Hasil pembahasan dalam penelitian ini adalah terdapat hubunagn positif antara variabel parisipasi anggota dengan variabel sisa hasil usaha (SHU) pada KPRI “TUMBAL” Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis. Semakin tinggi partisipasi anggota terhadap koperasinya maka semakin tinggi pulalah SHU yang diperoleh. Besarnya pengaruh partisipasi anggota terhadap sisa hasil usaha (SHU) pada KPRI “TUMBAL” Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis sebesar 34,7 %.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaar bagi anggota maupun KPRI “TUMBAL’ Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis. Dari hasil penelitian ini disarankan bagi anggota koperasi hendaknya meningkatkan partisipasi viiterhadap koperasinya baik dalam bidang organisasi, bidang modal maupun jasa koperasi. Peningkatan partisipasi anggota dalam bidang demokrasi ekonomi koperasi, dilakukan dengan cara meningkatkan semangat berkoperasi dengan selalu memberikan saran dan kritiknya yang membangun bagi koperasinya. Peningkatan partisipasi anggota dalam bidang modal, disarankan anggota untuk loyal dalam simpanan wajib dan meningkatkan simpanan sukarelanya.
Peningkatan partisipasi anggota dalam bidang jasa koperasi, anggota disarankan selain sebagai pemilik namun anggota juga sebagai pelanggan setian unit usaha koperasi. Sedangkan begi koperasi disarankan untuk lebih aktif meningkatkan kesadaran berkoperasi bagi anggotanya untuk meningkatkan parisipasi anggota dalam berbagai bidang.

Download

Pengaruh Partisipasi Anggota Terhadap Sisa Hasil Usaha Di Koperasi Pegawai Rewpublik Indonesia (KPRI) “ TUMBAL” Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis, 4.8 out of 5 based on 34 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets