Pengaruh Pelaksanaan Komunikasi Organisasi, Lingkungan Kerja, dan Pengembangan Pegawai terhadap Semangat Kerja Pegawai Kantor Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Grobogan.

This item was filled under [ Pendidikan Ekonomi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (110 votes cast)

Tugas akhir akuntansi : Pengaruh Pelaksanaan Komunikasi Organisasi, Lingkungan Kerja, dan Pengembangan Pegawai terhadap Semangat Kerja Pegawai Kantor Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Grobogan.

Tutik Indriati. 2005. Skripsi jurusan ekonomi, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Dalam bekerja, tentunya para pegawai akan selalu berkomunikasi satu samalain baik dengan atasan, bawahan, maupun dengan rekan sejawat agar tidak terjadikesimpangsiuran informasi. Hubungan yang harmonis antar pegawai akanmeningkatkan semangat kerja pegawai. Selain itu pegawai juga membutuhkan suatulingkungan kerja yang menyenangkan yang membuat para pegawai merasa lebihbetah bekerja sehingga diharapkan dapat meningkatkan semangat kerjanya. Pegawaimerupakan sumber daya manusia sekaligus merupakan aset yang paling penting, yangapabila diberikan latihan dan pengembangan yang tepat akan mampu memberikanprestasi dengan lebih baik.

Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) Adakahpengaruh pelaksanaan komunikasi organisasi, lingkungan kerja, dan pengembanganpegawai terhadap semangat kerja pegawai kantor Setda Kabupaten Grobogan? 2) jikaada pengaruh, seberapa besar pengaruh pelaksanaan komunikasi organisasi,lingkunngan kerja, dan pengembangan pegawai terhadap semangat kerja pegawaikantor setda kabupaten Grobogan?. Tujuan dari penelitian ini adalah: Untukmengetahui ada dan tidaknya pengeruh pelaksanaan komunikasi organisasi,lingkungan kerja, dan pengembangan pegawai terhadap semangat kerja pegawaikantor Setda Kabupaten Grobogan dan seberapa besar pengaruh pelaksanaankomunikasi organisasi, lingkungan kerja, dan pengembangan pegawai terhadapsemangat kerja pegawai kantor Setda Kabupaten Grobogan.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai kantor Setda KabupatenGrobogan yang berjumlah 229 orang dan sampel yang diambil sebesar 144responden. Tehnik penarikan sampel yaitu random sampling. Variabel yang dikajidalam penelitian ini adalah : pelaksanaan komunikasi organisasi (X1), lingkungkankerja (X2), pengembangan pegawai (X3), dan semangat kerja (Y). Metode yangdigunakan untuk pengumpulan data adalah metode kuesioner dan metodedokumentasi. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakaanalisis deskriptif persentase dan regresi linier berganda.

Setelah dianalisa dan dilakukan pengujian hipotesis dengan SPSS 11.0,diperoleh hasil Fhitung sebesar 124,289 pada taraf signifikansi 0,000 dan Ftabel sebesar2,67 pada taraf signifikansi 0,05. dengan demikian Fhitung > Ftabel menunjukkan bahwaada pengaruh yang nyata antara pelaksanaan komunikasi organisasi, lingkungankerja, dan pengembangan pegawai terhadap semangat kerja pegawai. Besarnyapengaruh atau kontribusi yang diberiklan pelaksanaan komunikasi organisasi,lingkungan kerja, dan pengembangan pegawai adalah sebesar 0,727 atau 72,7% dansisanya sebesar 27,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitianini.

Peneliti menyarankan agar kantor Setda Kabupaten Grobogan lebih meningkatkanpelaksanaan komunikasi organisasinya terutama komunikasi ke atas karena dari hasilpenelitian diketahui bahwa para pegawai merasa tidak mendapat tanggapan saatmenyampaikan keluhan ataupun pendapat. Selain itu lingkungan kerja juga perlumendapat perhatian karena dari hasil penelitian lingkungan kerja memberikansumbangan yang besar bagi peningkatan semangat kerja pegawai sedangkan parapegawai merasa belum terpenuhi dalam hal perlengkapan dan fasilitas, kebersihanan musik. Untuk pengembangan pegawai kantor Setda Kabupaten Grobogandiharapkan lebih memperhatikan dalam hal pengadaan program pendidikan danlatihan karena hal ini memberi pengaruh yang positif terhadap semangat kerjapegawai.

Download

Pengaruh Pelaksanaan Komunikasi Organisasi, Lingkungan Kerja, dan Pengembangan Pegawai terhadap Semangat Kerja Pegawai Kantor Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Grobogan., 4.8 out of 5 based on 110 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets