Pengaruh Pelaksanaan Sistem Pembelajaran Kurikulum 2004 Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Atas Mata Pelajaran Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 2 Semarang

This item was filled under [ Pendidikan Ekonomi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (112 votes cast)

Skripsi jurusan pendidikan ekonomi : “Pengaruh Pelaksanaan Sistem Pembelajaran Kurikulum 2004 Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Atas Mata Pelajaran Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 2 Semarang”

Amerdila Eka Yuniarti, 2005. Jurusan pendidikan ekonomi, FakultasIlmu sosial. Universitas Negeri Semarang.

Mata Pelajaran Pengetahuan Sosial (PS) adalah mata pelajaran yang baru dalam kurikulum 2004, tetapi pada dasarnya hanya merupakan penggabungan mata pelajaran ekonomi, geografi, dan sejarah. Dengan adanya perubahan kurikulum tersebut dapat mengetahui seberapa besar kompetensi siswa termasuk dalam mata pelajaran pengetahuan sosial. Seperti diketahui bahwa prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya adalah pelaksanaan sistem pembelajaran kurikulum 2004.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh pelaksanaan sistem pembelajaran kurikulum 2004 terhadap prestasi belajar siswa kelas VII mata pelajaran pengetahuan sosial di SMP Negeri 2 Semarang ? (2) Seberapa besar pengaruh pelaksanaan sistem pembelajaran kurikulum 2004 terhadap prestasi belajar siswa kelas VII mata pelajaran pengetahuan sosial di SMP Negeri 2 Semarang ? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan sistem pembelajaran kurikulum 2004 terhadap prestasi belajar siswa kelas VII mata pelajaran pengetahuan sosial di SMP Negeri 2 Semarang , (2) Untuk mengetahui ada dan tidaknya pengaruh pengaruh pelaksanaan sistem pembelajaran kurikulum 2004 terhadap prestasi belajar siswa kelas VII mata pelajaran pengetahuan sosial di SMP Negeri 2 Semarang, (3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pelaksanaan sistem pembelajaran kurikulum 2004 terhadap prestasi belajar siswa kelas VII mata pelajaran pengetahuan sosial di SMP Negeri 2 Semarang.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Semarang, adapun populasi seluruhnya adalah 329 siswa dengan sampel sebanyak 77 siswa dengan persentase ketidaktelitian 10 % dari populasi 329 orang. Ada 2 (dua) variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu (1) Pelaksanaan Sistem Pembelajaran Kurikulum 2004 (X) yang terdiri dari pelaksanaan pembelajaran , metode pembelajaran, media pembelajaran, peningkatan kualitas pembelajaran, dan lingkungan pembelajaran, (2) Prestasi Belajar sebagai variabel (Y) yaitu nilai rata – rata rapor ulangan umum semester I. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, metode angket atau kuesioner, metode observasi, dan metode wawancara. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi linear sederhana.

Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh pelaksanaan sistem pembelajaran kurikulum 2004 terhadap prestasi belajar siswa kelas VII mata pelajaran pengetahuan sosial di SMP Negeri 2 Semarang dibuktikan dengan hasil perhitungan rxy = 0,6845. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan sistem pembelajaran kurikulum 2004 berpengaruh langsung terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran pengetahuan sosial. Besarnya sumbangan efektif pelaksanaan sistem pembelajaran kurikulum 2004 terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran pengetahuan sosial adalah 46,85% ditunjukkan dari perhitungan koefisien determinasi.

Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi semua pihak baik sekolah, guru maupun, siswa. Pihak sekolah dapat lebih meningkatkan kondisi lingkungan belajar siswa seperti pada peningkatan fasilitas belajar. Selain itu, guru perlu adanya penguasaan terhadap seluruh bidang studi pada mata pelajaran pengetahuan sosial. Sedangkan siswa diharapkan dapat menggunakan fasilitas yang ada di sekolah dan mengerjakan setiap tugas yang yang diberikan untuk meningkatkan prestasi belajar.

Download

Pengaruh Pelaksanaan Sistem Pembelajaran Kurikulum 2004 Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Atas Mata Pelajaran Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 2 Semarang, 4.8 out of 5 based on 112 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets