Pengaruh Pemanfaatan Jurusan Geografi terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi FIS UNNES Angkatan Tahun 2001/2002.

This item was filled under [ geografi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (112 votes cast)

Skripsi jurusan geografi : Pengaruh Pemanfaatan Jurusan Geografi terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi FIS UNNES Angkatan Tahun 2001/2002.

Rini Kumalasari. 2005. Jurusan geografi , Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Semarang.

Pemanfaatan perpustakaan oleh mahasiswa sangat erat kaitannya denganproses perkuliahan yang diselenggarakan oleh Perguruan Tinggi. Hal ini karenasaat perkuliahan dosen cenderung hanya menyampaikan materi perkualiahansecara garis besarnya saja, sedangkan untuk detailnya mahasiswa dimintamengolah buku-buku yang ada di perpustakaan dan kemudian mata kuliah itudiseminarkan atau didiskusikan. Oleh karena itu peneliti tertarik mengankatpermasalahan sebagai berikut: 1) Apakah pemanfaatan perpustakaan JurusanGeografi berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa Jurusan PendidikanGeografi FIS UNNES Angkatan Tahun 2001/2002 dan 2) Seberapa besarpengaruh pemanfaatan perpustakaan Jurusan Geografi terhadap prestasi belajarmahasiswa.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa JurusanPendidikan Geografi Angkatan Tahun 2001/2002 yang berjumlah 36 mahasiswa.Sampel penelitian diambil berdasarkan teknik total sampling, sehingga seluruhpopulasi sebanyak 36 mahasiswa dijadikan sampel penelitian. Variabel dalampenelitian ini terdiri dari pemanfaatan perpustakaan sebagai variabel bebas danprestasi belajar sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakanangket, dokumentasi dan observasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptifpersentase dan analisis regresi linier.

Berdasarkan hasil analisis deskriptif diketahui bahwa pemanfaatanPerpustakaan Jurusan Geografi oleh mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografiangkatan tahun 2001/2002 termasuk dalam kategori cukup baik (58,61%) danprestasi belajarnya ditinjau dari rata-rata Indeks Prestasi Kumulatif juga baik yaitu2,79. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi Yˆ = 1,644 + 0,016X. Ujikeberartian persamaan regresi dengan uji diperoleh Fhitung = 21,729 > F tabel =4,130. Berdasarkan hasil analisis diperoleh pula koefisien determinasi sebesar38.99%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pemanfaatanPerpustakaan Jurusan Geografi terhadap prestasi belajar pada mahasiswa JurusanPendidikan Geografi FIS UNNES angkatan tahun 2001/2002. besarnya pengaruhtersebut Besarnya pengaruh tersebut yaitu 38,99% dan selebihnya prestasi belajardipengaruhi oleh variabel lain selain pemanfaatan perpustakaan Jurusan Geografisebesar 61,01%.

Mengacu dari hasil penelitian tersebut, maka peneliti dapat mengajukansaran yaitu bagi para mahasiswa hendaknya lebih memanfaatkan perpustakaansebagai sumber informasi yang dapat membantu mengembangkan potensi dengansistem belajar yang terdapat dalam kurikulum pendidikan kususnya saatpembuatan tugas individu, tugas kelompok terstruktur ataupun pembuatanmakalah sehingga akan berdampak terhadap meningkatkan prestasi belajarnya.

Download

Pengaruh Pemanfaatan Jurusan Geografi terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi FIS UNNES Angkatan Tahun 2001/2002., 4.8 out of 5 based on 112 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets