Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Jurusan Teknik Sipil Terhadap Prestasi Belajar

This item was filled under [ Teknik Sipil ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (128 votes cast)

Skripsi Teknik Sipil : Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Jurusan Teknik Sipil Terhadap Prestasi Belajar

Handoko, Puji 2005. Skripsi Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang.

Pemanfaatan perpustakaan oleh mahasiswa sangat erat kaitannya denganproses perkuliahan yang diselenggarakan oleh Perguruan Tinggi. Namum,frekuensi kehadiran mahasiswa ke perpustakaan jurusan dapat mempengaruhipemanfaatan perpustakaan oleh mahasiswa. Pengaruh pemanfaatan perpustakaanjurusan Teknik Sipil terhadap prestasi belajar mahasiswa jurusan Teknik Sipildapat diketahui dari pemanfaatan perpustakaan. Permasalahan dalam penelitian iniyaitu apakah pemanfaatan perpustakaan Jurusan Teknik Sipil berpengaruhterhadap prestasi belajar mahasiswa Jurusan Teknik Sipil FT UNNES angkatantahun 2003/2004 dan jika ada, seberapa besar pengaruhnya. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan perpustakaan Jurusan TeknikSipil terhadap prestasi belajar mahasiswa Jurusan Teknik Sipil FT UNNESangkatan tahun 2003/2004 dan untuk mengetahui besarnya pengaruhnya.

Populasi yang dijadikan obyek penelitian adalah seluruh mahasiswa jurusan Teknik Sipil FT UNNES angkatan tahun 2003/2004 sebanyak 189 orangdan terbagi dalam empat program studi yaitu PTB, T. Sipil S1, T. Arsitektur S1dan T. Sipil D3. Sampel yang digunakan 127 responden. Metode yang digunakandalam pengumpulan data yaitu metode angket, dokumentasi, dan observasi.Sedangkan dalam menganalisis data menggunakan deskriptif persentase, analisisregresi linier, Uji F, Uji t dan koefesien determinasi.

Hasil penelitian tentang pengaruh pemanfaatan perpustakaan jurusanterhadap prestasi belajar mahasiswa jurusan Teknik Sipil yaitu rata-rata persepsimahasiswa tentang pemanfaatan perpustakaan jurusan Teknik Sipil mencapai2,4058 dalam kategori kurang baik. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwadari 127 mahasiswa yang diteliti, terdapat 87 mahasiswa atau 68,5% kurangmemanfaatkan perpustakaan jurusan Teknik Sipil dengan baik. Dari 127mahasiswa yang diteliti, terdapat 74% mahasiswa mempunyai prestasi belajaryang memuaskan dengan IPK 2,01–2,75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan tentang pemanfaatan perpustakaan jurusan Teknik Sipil terhadap prestasi belajar mahasiswa, hal ini ditunjukkan dari hasil uji F dengan Fhitung sebesar 33,494>Ftabel (3,917). Besarnya kontribusi pemanfaatan perpustakaan jurusan Teknik Sipil terhadap prestasi belajar mahasiswa masih relatif kecil yaitu sebesar 21,1%.

Saran untuk mahasiswa yaitu hendaknya lebih meningkatkan frekuensi kunjungan untuk memanfaatkan perpustakaan jurusan sebagai sumber informasi dalam belajar. Selain itu, dosen-dosen disarankan untuk lebih memberikan tugas pengembangan bahan kuliah dan tugas mandiri untuk meningkatkan motivasi mahasiswa untuk pergi berkunjung ke perpustakaan jurusan Teknik Sipil.

Download

Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Jurusan Teknik Sipil Terhadap Prestasi Belajar, 4.8 out of 5 based on 128 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets