Pengaruh Pemasangan Speed Bump Terhadap Kecepatan Kendaraan Di Lingkungan Sekolah Dasar.

This item was filled under [ Uncategorized ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (127 votes cast)

Skripsi Teknik Sipil : Pengaruh Pemasangan Speed Bump Terhadap Kecepatan Kendaraan Di Lingkungan Sekolah Dasar.

Mirawati, Eny. 2005. Jurusan Teknik Sipil , Fakultas Teknik. Universitas Negeri Semarang.

Kecepatan kendaraan yang berlebihan bisa mengakibatkan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Selain itu kecelakaan lalu lintas juga bisa terjadi akibat kelalaian para pengguna jalan yang kurang memperhatikan rambu-rambu lalu lintas, seperti : lampu lalu lintas, zebra cross, trotoar, dan sebagainya. Dalam hal ini kecelakaan lalu lintas yang terjadi dilihat dari kecepatan kendaraan yang berlebihan serta suasana lingkungan (situasi jalan) yang ramai. Di jalan Sumbing yaitu di lingkungan SD N 01-02 Lempong Sari terdapat pemasangan Speed Bump yang bertujuan untuk mengendalikan/mengurangi kecepatan kendaraan. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh pemasangan Speed Bump terhadap kecepatan kendaraan di lingkungan Sekolah Dasar . Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemasangan Speed Bump terhadap kecepatan kendaraan di lingkungan Sekolah Dasar.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey, dengan sampel penelitian 385 kendaraan. Pengumpulan datanya dilakukan dengan data primer yaitu di dapat dari pelaksanaan survey langsung di lapangan. Analisis datanya menggunakan rumus uji t.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh pemasangan Speed Bump terhadap kecepatan sepeda motor dan mobil. Besarnya penurunan kecepatan rata-rata sepeda motor adalah 9,96 km/jam (dari 22,07 km/jam menjadi 12,11 km/jam) dan penurunan kecepatan rata-rata mobil adalah 8,135 km/jam (dari 18,53 km/jam menjadi 10,395 km/jam).

Berdasarkan temuan tersebut, saran yang diberikan kepada masyarakat adalah pemasangan Speed Bump sangat diperlukan di lingkungan yang sejenis yaitu di lingkungan Sekolah Dasar. Pemasangan Speed Bump tidak hanya di Sekolah Dasar Lempong Sari tetapi juga dapat diterapkan di lingkungan Sekolah Dasar lain dengan situasi (kondisi) yang sama.

Download

Pengaruh Pemasangan Speed Bump Terhadap Kecepatan Kendaraan Di Lingkungan Sekolah Dasar., 4.9 out of 5 based on 127 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets