Pengaruh pembagian kerja terhadap efektivitas kerja karyawan bagian produksi PT. DUPANTEX Kabupaten Pekalongan

This item was filled under [ Ekonomi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (112 votes cast)

Skripsi jurusan ekonomi: Pengaruh pembagian kerja terhadap efektivitas kerja karyawan bagian produksi PT. DUPANTEX Kabupaten Pekalongan

Tri Silawati Dewi. 2005. Skripsi jurusan ekonomi,  Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Efektivitas Kerja merupakan salah satu faktor untuk menjaga kelangsungan hidupperusahaan. Efektivitas Kerja Karyawan banyak dipengaruhi oleh berbagai faktorsalah satunya adalah Pembagian Kerja yang memberikan kejelasan untukmenjalankan tugasnya sesuai dengan beban kerja dan tanggung jawabnya.Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruhpembagian kerja terhadap Efektivitas kerja karyawan bagian produksi PT.DUPANTEX Kabupaten Pekalongan. Sedangkan tujuan baru penelitian ini adalah(1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Pembagian kerja terhadapEfektivitas Kerja karyawan bagian produksi PT. DUPANTEX KabupatenPekalongan dan (2) untuk mengetahui besar kecilnya pengaruh Pembagian kerjaterhadap Efektivitas Kerja Karyawan bagian Produksi PT. DUPANTEXKabupaten Pekalongan.

Populasi Penelitian meliputi seluruh karyawan bagian produksi PT. DUPANTEXKabupaten Pekalongan yaitu 1014 orang, Sampel 10% dari populasi.Variabel Penelitian ada 2 yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Sebagaivariabel bebas dalam penelitian ini adalah pembagian Kerja (X) yang terdiri dariPenempatan Kerja, Beban Kerja dan Spesialisasi Pekerjaan. Sedangkan variabelterikatnya adalah Efektivitas Kerja (Y).

Data Pembagian Kerja diambil dengan menggunakan metode angket, sedangkanEfektivitas Kerja diambil dengan menggunakan dokumentasi data perusahaan danuntuk kelengkapan data-data menggunakan metode wawancara dan observasi.

Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan metode analisis diskriptifpersentase dan analisis regresi linier sederhana.

Hasil Penelitian dari analisis regrisi linier sederhana di peroleh persamaan regresiY = 26,446 + 0,242 X. Hasil analisis varians untuk regresi diperoleh Fhitung =6,795 > Ftabel = 3,94. Dengan demikian menunjukan bahwa Pembagian Kerjaberpengaruh positif dan signifikan terhadap Efektivitas Kerja karyawan makahipoteis peneliti diterima.

Berdasarkan hasil tersebut, maka diajukan beberapa saran yaitu: (1) dalammeningkatkan Pembagian Kerja karyawan harus memperhatikan pembagiantugas yang sesuai dengan tanggung jawab dan tingkat pendidikan atauketrampilan karyawan agar karyawan dapat menyelesaikan tugas dan tanggungjawabnya dengan baik sesuai dengan standar perusahaan. (2) Pimpinanperusahaan seyogyanya lebih sering memberi dorongan, pujian dan Penghargaansehingga karyawan merasa diperhatikan. (3) Untuk meningkatan Efektivitas Kerjayang lebih tinggi maka perlu memperhatikan faktor lain yang mempengaruhiEfektivitas Kerja karyawan misalnya disiplin, kesatuan perintah, Wewenang dantanggung jawab, gaji dan lain-lain disamping faktor Pembagian kerja.

Download

Pengaruh pembagian kerja terhadap efektivitas kerja karyawan bagian produksi PT. DUPANTEX Kabupaten Pekalongan, 4.8 out of 5 based on 112 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets