Pengaruh Pembebasan Penggunaan Mesin Meja Gambar Di Luar Jam Pelajaran Terhadap Prestasi Belajar Kompetensi Menggambar Teknik pada Siswa Tingkat III Program Keahlian Teknik Konstruksi Bangunan SMK Negeri 2 Klaten Tahun Ajaran 2005-2006

This item was filled under [ teknik bangunan ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi pendidikan teknik bangunan: “Pengaruh Pembebasan Penggunaan Mesin Meja Gambar Di Luar Jam Pelajaran Terhadap Prestasi Belajar Kompetensi Menggambar Teknik pada Siswa Tingkat III Program Keahlian Teknik Konstruksi Bangunan SMK Negeri 2 Klaten Tahun Ajaran 2005-2006”

Basuki Rahmad (2005), Skripsi pendidikan teknik bangunan, Fakultas teknik, Universitas Negeri Semarang.

Kompetensi Menggambar Teknik merupakan salah satu kompetensi
produktif bagi siswa pada program keahlian Teknik Konstruksi Bangunan. Kemampuan siswa dalam menggambar berkaitan erat dengan penggunaan sarana belajar dengan optimal, motivasi siswa dalam hal ini mesin meja gambar. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah perbedaan kemampuan kompetensi Menggambar Teknik dan perbedaan motivasi siswa dengan pembebasan penggunaan mesin meja gambar diluar jam pelajaran, serta seberapa besar pengaruh pembebasan penggunaanmesin meja gambar terhadap kemampuan kompetensi Menggambar Teknik pada siswa tingkat III program keahlian Teknik Konstruksi Bangunan SMK Negeri 2 Klaten tahun ajaran 2005-2006.

Analisis yang digunakan adalah dengan uji-t untuk mengetahui perbedaan kemampuan kompetensi Menggambar Teknik dan perbedaan motivasi siswa yang dilanjutkan dengan analisis regresi linier populasi untuk mengetahui besarnya pengaruh pembebasan penggunaan mesin meja gambar terhadap kemampuan kompetensi Menggambar Teknik.
Penelitian ini pengambilan data dengan dua instrumen, yaitu instrument observasi dan instrumen kemampuan kompetensi Menggambar Teknik. Pada pengujian hipotesis ada perbedaan kemampuan kompetensi Menggambar Teknik, diperoeh t hitung (3,522) > t tabel (1,67), sehingga hipotesis alternatif diterima atau menolak hipotesis nihil. Hal ini berarti secara signifikan rata-rata kemampuan kompetensi Menggambar Teknik pada kelompok eksperimen lebih besar daripada kelompok kontrol. Hasil uji-t untuk perbedaan motivasi siswa dalam menggunakan mesin meja gambar, diperoleh t hitung (5,924) > t tabel (1,67), sehingga hipotesis alternatif diterima. Hal ini berarti secara nyata rata-rata motivasi siswa dalam menggunakan mesin meja gambar kelompok eksperimen lebih besar daripada kelompok control.
Hasil analisis regresi diperoleh koefisien regresi sebesar 0,659 dan konstanta sebesar 16,193, sehingga diperoleh model regresi sebagai berikut : Y = 16,193 + 0,659X, ini menunjukkan bahwa setiap terjadi kenaikan motivasi siswa dalam menggunakan mesin meja gambar diluar jam pelajaran akan diikuti kenaikan kemampuan kompetensi Menggambar Teknik sebesar 0,659. Berdasarkan uji keberartian menggunakan uji-F, diperoleh F hitung = 26,594 > Ftabel (4,196), yang berarti model regresi yang diperoleh signifikan. Hasil uji kelinieran diperoleh F hitung = 0,345 > Ftabel (2,685), yang berarti model tersebut linier. Hasil analisis regresi tersebut menunjukan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan pembebasan penggunaan mesin meja gambar diluar jam pelajaran terhadap kemampuan kompetensi Menggambar Teknik sebesar 48,7%.
Disarankan untuk terus dibebaskan penggunaan mesin meja gambar untuk siswa diluar jam pelajaran, dan guru yang mengampu kompetensi Menggambar Teknik selalu mengintruksikan serta mengingatkan kepada siswa agar terus memanfaatkan pembebasan penggunaan mesin meja gambar untuk siswa diluar jam pelajaran untuk mengerjakan tugas-tugasnya, sehingga dapat meningkatkan prestasi hasil belajar siswa khususnya kompetensi Menggambar Teknik

Download

Pengaruh Pembebasan Penggunaan Mesin Meja Gambar Di Luar Jam Pelajaran Terhadap Prestasi Belajar Kompetensi Menggambar Teknik pada Siswa Tingkat III Program Keahlian Teknik Konstruksi Bangunan SMK Negeri 2 Klaten Tahun Ajaran 2005-2006, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets