Pengaruh Pembelokan (Elbow) Terhadap Kehilangan Energi Pada Saluran Pipa Galvanis.

This item was filled under [ Teknik Sipil ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (29 votes cast)

Skripsi. Jurusan Teknik Sipil : Pengaruh Pembelokan (Elbow) Terhadap Kehilangan Energi Pada Saluran Pipa Galvanis.

Susanto, Fauzi. 2005. Skripsi. Jurusan Teknik Sipil , Fakultas teknik, Universitas Negeri Semarang.

Penggunaan jaringan pipa sebagai saluran tertutup pada fluida sudah menjadi hal yang biasa dipakai manusia sehari-hari, terutama dalam pendistribusian air dalam rumah tangga. Dalam pembuatan instalasi pipa akan selalu ditemukan halangan yang pada akhirnya harus melakukan pembelokan -pembelokan pipa, dimana pembelokan ini dimungkinkan akan mengakibatkan adanya kehilangan energi pada aliran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelokan dengan sudut 45o dan 90o, serta berapa b esar kehilangan energi pada pembelokan tersebut.

Penelitian ini menggunakan metode percobaan secara langsung di laboratorium yang dilakukan di dua (2) tempat, yaitu di laboratorium Hidrolika Teknik Sipil Unnes dengan alat penguji kehilangan energi dan di l aboratorium hidrolika Polines dengan menggunakan Apparatus fluid friction. Dengan 2 (dua) macam variabel utama yang akan diteliti, yaitu variabel bebas dan variabel terikat.
Variabel bebasnya adalah perubahan penampang pipa yaitu elbow 45o dan elbow 90o. Variabel terikatnya adalah kehilangan energi (hb). Variabel yang tidak diteliti akan tetapi dapat berpengaruh terhadap hasil penelitian (variabel kontrol) dalam
penelitian ini antara lain; suhu air (oC), volume air dalam tandon (m3), ukuran diameter pipa (m), luas pipa (m2), dan debit air (m3/dt).
Pengambilan data penelitian untuk mengukur kehilangan energi dengan cara mengukur tinggi muka air dalam manometer. Data penelitian yang diperoleh adalah selisih manometer, debit air, kecepatan aliran, besar kehilangan energi. Hasil pengukuran tersebut dianalisis dengan menggunakan rumus teoritis.
Hasil penelitian ini adalah adanya pembelokan (elbow) akan mengakibatkan kehilangan energi, kehilangan energi rata -rata penelitian di Unnes pada elbow 45o dan 90o masing-masing sebesar 0,02561 meter dan 0,0314 meter dengan nilai koefisien kehilangan energi masing-masing adalah 0,27 dan 1,18. Sedangkan kehilangan energi rata-rata penelitian di Polines pada elbow 45o dan 90o masing-masing sebesar 0,00968 meter dan 0,0314 meter dengan nilai koefisien kehilangan energi masing-masing adalah 0,323 dan 1,06. Besar sudut pembelokan akan mempengaruhi kehilangan energi, semakin besar sudutnya semakin besar pula kehilangan energinya.
Perlu penyempurnaan kembali alat kehilangan energi ya ng ada di laboratorium Hidrolika Unnes agar dapat dipergunakan untuk praktikum maupun penelitian lebih lanjut mengenai saluran air tertutup

Download

Pengaruh Pembelokan (Elbow) Terhadap Kehilangan Energi Pada Saluran Pipa Galvanis., 5.0 out of 5 based on 29 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets