Pengaruh Pemberian Antioksidan Vitamin C Dan ETerhadap Kualitas Spermatozoa Tikus Putih Terpapar Allethrin

This item was filled under [ biologi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (20 votes cast)

skripsi jurusan Biologi: Pengaruh Pemberian Antioksidan Vitamin C Dan ETerhadap Kualitas Spermatozoa Tikus Putih Terpapar Allethrin

Iswara, Arya. 2009. Skripsi Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang.

Allethrin adalah bahan aktif yang dipakai pada beberapa jenis/merek obatnyamuk. Allethrin masuk ke dalam tubuh secara inhalasi, diduga dapat mengganggukualitas spermatozoa. Hal ini ditandai dengan menurunnya jumlah, motilitas, danviabilitas spermatozoa, serta kelainan morfologi spermatozoa. Banyak buktiepidemiologi menyatakan bahwa dengan asupan vitamin C dan E yang cukup akanmampu meminimalisir radikal bebas yang disebabkan oleh allethrin. Oleh karena ituperlu dilakukan penelitian kualitas spermatozoa tikus yang terpapar allethrin dari obatnyamuk elektrik. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh vitamin C dan E padakualitas spermatozoa yang terpapar Allethrin.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan rancangan Post TestRandomized Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah tikus putihjantan dewasa strain wistar yang terpapar allethrin. Dikelompokkan menjadi 4 kelompok,yang masing-masing kelompok terdiri dari 4 ekor tikus, yaitu 1 kelompok kontrol (tanpapemberian antioksdan vitamin C dan E) dan 3 kelompok perlakuan (diberi antioksidanvitamin C, vitamin E dan kombinasi dari vitamin C dan E). Pemaparan obat nyamukelektrik dilakukan 8 jam per hari selama 45 hari dan pada hari ke 46 diambil data jumlah,motilitas, viabilitas, dan morfologi spermatozoa. Data diuji dengan anava satu jalan danjika berpengaruh dilanjutkan dengan uji lanjut BNT.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan dengan vitamin mempengaruhijumlah, motilitas dan viabilitas spermatozoa tikus terpapar allethrin. Hal tersebutditunjukkan dengan adanya beda nyata antara kelompok kontrol dengan perlakuan.Demikian juga pada kelompok kontrol ditemukan adanya kelainan morfologi.Simpulan dari penelitian ini yaitu paparan obat nyamuk elektrik 8 jm/hr selama45 hari menurunkan kualitas spermatozoa. Secara keseluruhan pemberian antioksidanvitamin C bersama dengan vitamin E pada tikus putih (Rattus norvegicus) strain wistaryang terpapar allethrin mampu mempertahankan kualitas spermatozoa daripadapemberian satu jenis vitamin.

Download

Pengaruh Pemberian Antioksidan Vitamin C Dan ETerhadap Kualitas Spermatozoa Tikus Putih Terpapar Allethrin, 4.8 out of 5 based on 20 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets