PENGARUH PEMBERIAN MERKURI KLORIDA TERHADAP STRUKTUR MIKROANATOMI HATI IKAN MAS

This item was filled under [ biologi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan Biologi : PENGARUH PEMBERIAN MERKURI KLORIDA TERHADAP STRUKTUR MIKROANATOMI HATI IKAN MAS

Maulida Destiany . 2007. Skripsijurusan Biologi , Fakultas MIPA, Universitas Negeri Semarang.

Masalah pencemaran air mendapat perhatian yang besar dari pemerintah. Sejalan dengan meningkatnya industrialisasi, konsentrasi unsur logam berat di dalam perairan juga meningkat salah satunya adalah merkuri. Ikan mas mempunyai penyebaran yang cukup luas sehingga cukup peka terhadap pencemaran logam berat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian logam berat merkuri terhadap struktur mikroanatomi hati ikan mas.

Populasi dalam penelitian ini adalah ikan mas (Cyprinus carpio L.), sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah ikan mas sehat dengan panjang tubuh 10-13 cm, berumur sekitar 2 bulan dengan jumlah 90 ekor. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah konsentrasi HgCl2 yang dikelompokkan menjadi tiga, yaitu kelompok A (0 ppm); kelompok B (0,02 ppm); dan kelompok C (0,08 ppm).
Variabel tergantung dalam penelitian ini adalah struktur mikroanatomi hati ikan mas. Variabel rambang dalam penelitian ini yaitu kualitas air di tempat uji dan variabel kendali melilputi umur ikan dan panjang tubuh ikan. Gambaran mikroanatomi hati ikan diperoleh dengan pembuatan preparat, dengan metode parafin dan pewarnaan Hematoxylin eosin. Ikan mas didedahkan pada air uji yang telah dicampur HgCl2 yang sudah ditentukan konsentrasinya pada kelompok A, B dan C. Setiap perlakuan digunakan 30 ekor ikan dengan lama perlakuan 6 minggu dan setiap 2 minggu diambil 5 ekor untuk diambil organ hatinya.
Hasil penelitian meunjukkan efek toksik merkuri klorida terhadap ikan mas, yaitu dengan adanya kerusakan pada sel hati berupa pembengkakan sel dan kongesti, walaupun hanya pada konsentrasi 0,02 ppm.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diambil simpulan, merkuri klorida berpengaruh terhadap struktur mikroanatomi hati ikan mas yaitu dapat menyebabkan kerusakan berupa pembengkakn sel dan kongesti pada tingkat ringan sampai sedang.

Download

PENGARUH PEMBERIAN MERKURI KLORIDA TERHADAP STRUKTUR MIKROANATOMI HATI IKAN MAS , 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets