PENGARUH PEMBERIAN MERKURI KLORIDA TERHADAP STRUKTUR MIKROANATOMI INSANG IKAN MAS

This item was filled under [ biologi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi Jurusan Biologi : PENGARUH PEMBERIAN MERKURI KLORIDA TERHADAP STRUKTUR MIKROANATOMI INSANG IKAN MAS

Titik Nurchayatun . 2007.Skripsi, Jurusan Biologi ,FAKULTAS MIPA , UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2007

Ekosistem perairan sangat rentan terhadap pengaruh limbah industri yang diantaranya adalah logam berat. Logam berat merkuri mempunyai sifat-sifat yang sangat merugikan bagi organisme perairan. Pada konsentrasi tertentu, adanya logam berat merkuri dapat menimbulkan kerusakan pada jaringan insang, hati dan ginjal, serta dapat menimbulkan kematian organisme perairan. Ikan mas merupakan salah satu jenis ikan budidaya yang mempunyai prospek cukup baik di negara kita ditinjau dari segi kebutuhan maupun peningkatan gizi. Sementara itu pengembangan kegiatan industri banyak yang menggunakan logam berat merkuri sehingga baik langsung maupun tidak langsung limbah industri yang mengandung logam berat merkuri dapat mencemari lingkungan perairan tempat budidaya ikan mas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pemberian merkuri terhadap struktur mikroanatomi insang ikan mas.

Populasi dalam penelitian ini adalah ikan mas sehat dengan panjang tubuh antara 10-15 cm dengan umur sekitar 2 bulan. Sampel dalam penelitian ini adalah ikan mas dengan panjang tubuh 10-15 cm dengan umur sekitar 2 bulan sebanyak 200 ekor. Variabel bebasnya yaitu konsentrasi merkuri pada batas aman (0,02ppm) dan konsentrasi di atas batas aman (0,08 ppm) selama 2, 4 dan 6 minggu.
Variabel tergantungnya adalah struktur mikroanatomi insang ikan mas. Variabel kendali berupa jenis ikan, ukuran dan umur ikan yang digunakan.Variabel rambangnya berupa kualitas air di tempat uji. Gambaran mikroanatomi insang diperoleh dengan metode parafin dan pewarnaan Hematoxylin-Eosin. Data gambaran mikroanatomi insang dianalisis dengan metode Tandjung (1982).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa logam berat merkuri bersifat toksik dan dapat menimbulkan perubahan pada struktur mikroanatomi insang ikan mas.
Pada konsentrasi 0 ppm (2, 4 dan 6 minggu) struktur mikroanatomi insang normal. Sedangkan pada konsentrasi 0,02 ppm (2, 4 dan 6 minggu) dan 0,08 ppm (2 minggu) struktur mikroanatomi insang mengalami perubahan yaitu terjadi edema, hyperplasia, fusi lamella, atropi dan nekrosis. Perubahan struktur mikroanatomi insang bertambah seiring dengan peningkatan konsentrasi merkuri dan lama waktu pemaparan.
Simpulan hasil penelitian adalah pengaruh pemberian merkuri terhadap struktur mikroanatomi insang ikan mas dapat menyebabkan kerusakan yang berupa edema, hyperplasia, fusi lamella, atropi dan nekrosis. Saran yang dapat disumbangkan dari penelitian ini adalah diharapkan industri yang menggunakan merkuri sebagai bahan utama supaya mengolah air limbahnya terlebih dahulu sebelum dibuang ke perairan untuk menghindari dampak pencemaran dan harus sesuai dengan ambang batas yang telah ditetapkan. Bagi petani ikan mas harus memperhatikan kondisi dan kualitas air tempat budidaya ikan.

Download

PENGARUH PEMBERIAN MERKURI KLORIDA TERHADAP STRUKTUR MIKROANATOMI INSANG IKAN MAS, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets