PENGARUH PEMBERIAN TUGAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA DIKLAT PERHITUNGAN STATIKA BANGUNAN PADA SISWA KELAS I SEMESTER 2 JURUSAN BANGUNAN GEDUNG DI SMK BINA KARYA 1 KARANGANYAR KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2002/2003

This item was filled under [ Teknik Sipil ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan Teknik Sipil: PENGARUH PEMBERIAN TUGAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA DIKLAT PERHITUNGAN STATIKA BANGUNAN PADA SISWA KELAS I SEMESTER 2 JURUSAN BANGUNAN GEDUNG DI SMK BINA KARYA 1 KARANGANYAR KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2002/2003

Warsiyo, 2006. , Skripsi Jurusan Teknik Sipil. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Semarang.

Perkembangan pendidikan di Indonesia semakin pesat. Perkembangan pendidikan yang cukup pesat ini juga ditopang oleh usaha pemerintah, dalam hal ini Departemen Pendidikan Nasional yang senantiasa melakukan pembenahan sistem pendidikan kita, termasuk pembenahan sistem pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Dalam upaya pencapaian tujuan belajar, tugas dan fungsi guru sangat penting. Guru harus dapat menciptakan kondisi lingkungan belajar yang aman dan nyaman sehingga siswa dapat aktif dan tertarik terhadap teknik atau metode materi yang diajarkan. Hal ini menyangkut kepada bagaimana teknik atau metode penyampaian materi. Pemberian tugas merupakan suatu cara penyajian bahan pelajaran yang dilakukan dengan memberikan tugas-tugas kepada siswa di dalam maupun di luar jam-jam pelajaran sekolah sehingga siswa mempunyai kegiatan belajar baik di sekolah maupun di rumah.

Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah perbedaan pemberian tugas terhadap prestasi belajar mata diklat Perhitungan Statika Bangunan pada siswa kelas I semester 2 Jurusan Bangunan Gedung di SMK Bina Karya 1 Karanganyar Kebumen tahun pelajaran 2002/2003 dan (2) Seberapa besar perbedaan prestasi belajar mata diklat Perhitungan Statika Bangunan antara siswa yang diberi tugas dan yang tidak diberi tugas pada siswa kelas I semester 2 Jurusan Bangunan Gedung di SMK Bina Karya 1 Karanganyar Kebumen tahun pelajaran 2002/2003.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas I semester 2 Jurusan Bangunan Gedung di SMK Bina Karya 1 Karanganyar Kebumen tahun pelajaran 2002/2003. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas I semester 2 yang terdiri dari 2 kelas, kelas I BG1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas I BG2 sebagai kelompok kontrol. Setelah dilakukan matched hasil yang diperoleh adalah 20 pasang siswa, yaitu 20 siswa kelompok eksperimen dan 20 siswa kelompok kontrol.
Variabel yang digunakan adalah variabel bebas yaitu pemberian tugas dan variabel terikatnya yaitu prestasi belajar mata diklat Perhitungan Statika Bangunan pada siswa kelas I semester 2 Jurusan Bangunan Gedung di SMK Bina Karya 1 Karanganyar Kebumen tahun pelajaran 2002/2003. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, observasi dan metode tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis uji-t berpasangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen yang diberi metode pemberian tugas diperoleh nilai rata-rata (mean) sebesar 7,17. Sedangkan kelompok kontrol diperoleh nilai rata-rata (mean) sebesar 5,91. Nilai t hasil penelitian thitung diperoleh 7,47. Setelah dikonsultasikan dengan ttabel dengan taraf signifikansi 5% dan dk 38 didapat t0,975 = 2,02, sehingga thitung > ttabel (7,47 > 2,02). Hal ini berarti terdapat perbedan prestasi belajar pada mata diklat Perhitungan Statika Bangunan yang signifikan antara siswa yang diberi tugas dengan siswa yang tidak diberi tugas.
Saran yang dapat disampaikan adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pengajaran mata diklat Perhitungan Statika Bangunan di SMK Bina Karya 1 Karanganyar Kebumen perlu adanya pemberian tugas, karena prestasi belajar siswa dapat lebih baik dengan peran serta aktif dari siswa dan guru. Selain itu, penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan bagi guru dalam proses belajar mengajar untuk meningkatkan hasil belajar yang lebih baik.

Download

PENGARUH PEMBERIAN TUGAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA DIKLAT PERHITUNGAN STATIKA BANGUNAN PADA SISWA KELAS I SEMESTER 2 JURUSAN BANGUNAN GEDUNG DI SMK BINA KARYA 1 KARANGANYAR KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2002/2003 , 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets