Pengaruh Penambahan Serat ijuk dan Pengurangan Pasir terhadap Beban Lentur dan Berat Jenis Genteng Beton

This item was filled under [ Teknik Sipil ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (129 votes cast)

Skripsi Teknik Sipil : Pengaruh Penambahan Serat ijuk dan Pengurangan Pasir terhadap Beban Lentur dan Berat Jenis Genteng Beton

Pambudi, Warih. 2005. Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik. Universitas Negeri Semarang.

Dengan banyaknya gedung-gedung yang dibangun maka sangat dibutuhkanbahan penutup atap yang baik yaitu yang memenuhi persyaratan kuat, ringan dankedap air. Dari berbagai jenis penutup atap, genteng beton merupakan bahan yangbanyak dipakai sebagai penutup atap terutama untuk bangunan rumah tinggal.Genteng beton sebagai bahan penutup atap yang banyak diminati masyarakatumumnya saat ini kebutuhannya semakin meningkat, namun sesuai sifat dasar betonsebagai bahan dasar pembuatnya memiliki sifat kurang mampu menahan tarik, lentur,bersifat getas dan berat sendirinya besar. Usaha peningkatan kualitas beton sampaisekarang ini masih terus dilakukan baik peningkatan kuat tekan, tarik maupun lentur,bahkan sampai pada upaya untuk membuat ringan tetapi mempunyai kekutan tinggi.Salah satunya dengan penambahan serat dalam adukan yang memberikan perbaikanbeberapa sifat beton. Dalam penelitian ini peneliti mencoba mengaplikasikan betonserat untuk pembuatan genteng beton yaitu dengan penambahan serat ijuk. Serat ijukyaitu serabut berwarna hitam dan liat, yang terdapat pada bagian pangkal dan pelepahdaun pohon aren. Ijuk bersifat lentur dan tidak mudah rapuh, sangat tahan terhadapgenangan asam termasuk genangan air laut yang mengandung garam. Dengan sifatyang demikian maka penambahan serat ijuk dan pengurangan pasir diharapkan dapatmeningkatkan beban lentur genteng beton dan berat jenisnya semakin kecil sehinggagenteng beton yang dihasilkan semakin ringan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik serat ijuk dan kapuryang digunakan meliputi : berat jenis, berat satuan dan kadar air, mengetahuikarakteristik pasir yang digunakan meliputi : berat jenis, berat satuan, kadar air dangradasi pasir, mengetahui karakteristik genteng beton yang dihasilkan meliputi bebanlentur dan berat jenis serta untuk mengetahui pengaruh penambahan serat ijuk danpengurangan pasir terhadap beban lentur dan berat jenis genteng beton.Pembuatan dan penelitian karakteristik genteng beton dilakukan diLaboratorium Loka Teknologi Permukiman Semarang yang terletak di Jalan RayaKembangarum Km.15 Mranggen Timur Semarang. Sedangkan penelitiankarakteristik bahan susun genteng beton dilakukan di Laboratorium Mekanika Tanahdan Bahan Bangunan Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas NegeriSemarang.

Hasil penelitian beban lentur genteng beton dengan panambahan persentaseserat ijuk dan pengurangan pasir sebesar 0; 0,5; 1; 1,5; 2 dan 2,5% berturut turutadalah 62,25; 63,75; 67,84; 70,43; 73,97 dan 75,32 kg. Sedangkan hasil penelitianberat jenis genteng beton dengan panambahan prosentase serat ijuk dan penguranganpasir sebesar 0; 0,5; 1; 1,5; 2 dan 2,5% berturut turut adalah 2,106; 2,094; 2,017;1,930; 1,929; 1,902.

Dari hasil penelitian tersebut di atas, maka dapat disimpulkan bahwapenambahan prosentase serat ijuk dan pengurangan pasir sebesar 0; 0,5; 1; 1,5; 2 dan2,5% menghasilkan genteng beton dengan beban lentur semakin meningkat dan beratjenis semakin kecil.

Dalam penelitian ini disarankan untuk mengadakan penelitian lain tentangtingkat ekonomis, keawetan dan sifat-sifat genteng beton yang lain denganmenggunakan serat ijuk ataupun serat lainnya.

Download

Pengaruh Penambahan Serat ijuk dan Pengurangan Pasir terhadap Beban Lentur dan Berat Jenis Genteng Beton, 4.9 out of 5 based on 129 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets