Pengaruh Penambahan Tras Muria pada Bata Beton Berlubang Ditinjau terhadap Kuat Tekan dan Serapan Air

This item was filled under [ Teknik Sipil ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (31 votes cast)

Skripsi Jurusan Teknik Sipil: Pengaruh Penambahan Tras Muria pada Bata Beton Berlubang Ditinjau terhadap Kuat Tekan dan Serapan Air

Mefri Dian Rosyida. 2007. Skripsi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang.

Penambahan tras muria yaitu bahan pozolan alam dalam komposisi batabeton berlubang merupakan langkah pengoptimalan pemanfaatan bahan lokalguna mengurangi penggunaan bahan ikat semen portland. Penelitian inidimaksudkan untuk mengetahui sifat karakteristik bahan susun bata betonberlubng, kuat tekan dan nilai serapan air pada bata beton berlubang denganpenambahan tras pada variasi komposisi yang direncanakan. Manfaat yangdiperoleh dari penelitian ini adalah dapat diketahui pengaruh penambahan trasdalam pembuatan bata beton berlubang, dapat mengembangkan ilmu pengetahuandan teknologi dalam pembuatan bata beton berlubang , hasil penelitian dapatdikembangkan pada dunia usaha sebagai salah satu alternatif bahan bangunan. Variabel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah 0,00Tras:1PC:5,92Psr; 0,11Tras:1PC;5,92Psr; 0,21Tras:1PC:5,92Psr; 0,27Tras:1PC:5,92Psr; 0,32Tras:1PC:5,92Psr; 0,37Tras:1PC;5,92Psr; 0,43Tras:1PC:5,92Psr dan0,53Tras:1PC;5,92Psr. Komposisi perbandingan campuran bata beton berlubangdengan penambahan tras dilakukan terhadap volume bata beton berlubang.

Pengujian yang dilakukan adalah kuat tekan dan serapan air. Benda uji dibuatsebanyak 8 buah dalam tiap perbandingan campuran bata beton berlubang,masing-masing 5 buah untuk kuat tekan dan 3 buah untuk serapan air.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada perbandingan campuran0,27Tras:1PC: 5,92Psr dicapai kuat tekan bata beton berlubang tertinggi yaitu37,74 kg/cm2
(syarat mutu III). Penambahan tras pada bata beton berlubangsampai pada perbandingan campuran 0,32Tras:1PC:5,92Psr masih dapat untukmenghasilkan bata beton berlubang tingkat mutu IV yaitu bata beton dengan kuattekan rata-rata antara 20,00 kg/cm2 sampai 35 kg/cm2. Pada penelitian teradipeningkatan nilai serapan air bata beton berlubang dari perbandingan campuran0,00Tras:1Pc:5,92Psr dengan nilai serapan air rata-rata 14,57% hinggaperbandingan campuran 0,53Tras:1Pc:5,92Psr dengan nilai serapan air rata-rata17,97%. Serapan air tertinggi yang diperoleh masih sangat memenuhi syaratuntuk bata beton berlubang dengan tingkat mutu III. Penggunaan tras membuatbata beton berlubang lebih kedap air.

Download

Pengaruh Penambahan Tras Muria pada Bata Beton Berlubang Ditinjau terhadap Kuat Tekan dan Serapan Air, 5.0 out of 5 based on 31 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets