Pengaruh Penambahan Tumbukan Batu Bata Terhadap Kuat Tekan dan Kuat Aus Mortar Sebagai Bahan Dasar Paving Block.

This item was filled under [ Teknik Sipil ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (127 votes cast)

Skripsi Teknik Sipil : Pengaruh Penambahan Tumbukan Batu Bata Terhadap Kuat Tekan dan Kuat Aus Mortar Sebagai Bahan Dasar Paving Block.

Taufik. 2005. Skripsi Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang.

Mortar adalah adukan yang terdiri dari pasir, bahan perekat dan air. Pozzolan adalah bahan yang mengandung silika atau silika dan alumina, dimana bahan pozzolan itu sendiri tidak mempunyai sifat mengikat seperti semen, tetapi dalam bentuknya yang halus dan dengan adanya air, senyawa tersebut bereaksi secara kimia dengan kapur dan air pada suhu normal menjadi suatu massa padat yang tidak larut dalam air. Dalam penelitian ini digunakan pozzolan buatan berupa tumbukan batu bata sebagai bahan tambah dalam pembuatan mortar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengurangi pembebasan kapur dan menutup pori-pori mortar akibat reaksi antara semen dan air dengan membentuk zatperekat, sehingga dihasilkan mortar dengan karakteristik lebih baik.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakanbenda uji kontrol dan penelitian. Benda uji kontrol dibuat tanpa penambahantumbukan batu bata, sedangkan benda uji penelitian dibuat dengan variasipenambahan tumbukan batu bata : 5%, 10% dan 15% dari berat semen. Pengujianyang dilakukan dalam penelitian ini meliputi pengujian : karakteristik pasir,
karakteristik tumbukan batu bata dan karakteristik mortar (kuat tekan, berat jenis,kuat aus dan serapan air mortar). Pengujian karakteristik pasir, tumbukan batubata dan mortar (kuat tekan, berat jenis dan serapan air mortar) dilakukan diLaboratorium Bahan Bangunan Jurusan Teknik Sipil UNNES, sedangkanpengujian kuat aus mortar dilakukan di Laboratorium BPPIP Semarang.

Hasil pengujian karakteristik pasir diperoleh berat jenis = 2,486, beratsatuan = 1,637 gr/cm3, kadar air = 8,16% dan gradasi pasir yang termasuk dalamDaerah II (pasir agak kasar), dengan modulus halus butir (mhb) = 2,61. pengujiankarakteristik tumbukan batu bata diperoleh berat jenis = 1,674, berat satuan =1,199 gr/cm3 dan kadar air 5,26%. Pengujian karakteristik mortar tanpapenambahan tumbukan batu bata diperoleh kuat tekan rata-rata = 224,88 kg/cm2,berat jenis rata-rata = 2,13 gr/cm3, kuat aus rata-rata = 0,1461 mm/menit danserapan air rata-rata = 6,20%. Untuk penambahan 5% tumbukan batu batadiperoleh kuat tekan rata-rata = 205,03 kg/cm2, berat jenis rata-rata = 2,09 gr/cm3,kuat aus rata-rata = 0,1816 mm/menit dan serapan air rata-rata = 6,71%. Mortardengan penambahan 10% tumbukan batu bata diperoleh kuat tekan rata-rata =152,08 kg/cm2, berat jenis rata-rata = 1,98 gr/cm3, kuat aus rata-rata = 0,2188mm/menit dan serapan air rata-rata = 7,13%, sedangkan pada penambahan 15%tumbukan batu bata diperoleh kuat tekan rata-rata = 115,62 kg/cm2, berat jenisrata-rata = 1,98 gr/cm3, kuat aus rata-rata = 0,2843 mm/menit dan serapan air ratarata = 7,42%.

Berdasarkan hasil pengujian mortar diperoleh bahwa pada umur pengujian 28 hari kekuatan mortar dengan penambahan pozzolan tumbukan batu bata tidak dapat melampui kekuatan mortar kontrol (tanpa penambahan tumbukan batu bata).

Download

Pengaruh Penambahan Tumbukan Batu Bata Terhadap Kuat Tekan dan Kuat Aus Mortar Sebagai Bahan Dasar Paving Block., 4.9 out of 5 based on 127 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets