PENGARUH PENERAPAN LINGKARAN DIET RENDAH KALORI (DRK) 1500 KKAL TERHADAP PENURUNAN BERAT BADAN PADA WANITA DEWASA PENDERITA OBESITAS

This item was filled under [ Kesehatan Masyarakat ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (112 votes cast)

Skripsi Ilmu Kesehatan Masyarakat : PENGARUH PENERAPAN LINGKARAN DIET RENDAH KALORI (DRK) 1500 KKAL TERHADAP PENURUNAN BERAT BADAN PADA WANITA DEWASA PENDERITA OBESITAS

Nugraeni Oktiningrum. 2005. Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat , Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Semarang.

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Penerapan Lingkaran Diet Rendah Kalori(DRK) 1500 Kkal terhadap Penurunan Berat Badan pada Wanita DewasaPenderita Obesitas”. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini yaituadakah pengaruh penerapan Lingkaran DRK (Diet Rendah kalori) 1500 Kkalterhadap penurunan berat badan pada wanita dewasa Penderita Obesitas.

Tujuannya untuk :

  1. Mengetahui pengaruh penerapan Lingkaran DRK (Diet Rendah Kalori) 1500Kkal terhadap penurunan berat badan pada wanita dewasa penderitaobesitas.
  2. Mengetahui tingkat efektifitas optimum Lingkaran DRK (Diet RendahKalori) 1500 Kkal terhadap penurunan berat badan pada wanita dewasapenderita obesitas.

Populasi dalam penelitian ini adalah wanita dewasa penderita obesitas yangberumur 18-55 tahun, tidak sedang terinfeksi penyakit, mempunyai BB > 120%dari BB standartnya dengan kebutuhan kalori per hari 2000-2500 Kkal. Jenisenelitian Pre-Eksperimental Design atau Quasi Eksperimen dengan katagori Pretestand Post-test Design dengan kelompok kontrol dan kelompok eksperimenSampel terdiri dari 6 orang sebagai sampel eksperimen dan 8 orang sebagaisampel kontrol. Model Penelitian menggunakan pendekatan longitudinal yangbersifat prospektif, selalu mengikuti perkembangan berat badan sampel, ukurandatanya adalah rasio. Uji hipotesis menggunakan uji-t.Uji hipotesis dengan menggunakan taraf kepercayaan 95% (=0.05) dengandb = nx + ny – 2 = 6 = 8 – 2 = 12 didapatkan nilai t statistik (5,772) > t tabel (1,78)artinya Hipotesis alternatif (H1) diterima sedangkan hipotesis nol (H0) ditolak.

Kesimpulannya adalah ada pengaruh penerapan lingkaran diet rendah kalori(DRK) 1500 Kkal terhadap penurunan berat badan pada wanita dewasa penderitaobesitas. Rata-rata penurunan berat badan yang paling optimal terjadi padaminggu ke-IV. Efektifitas penggunaan lingkaran diet rendah kalori (DRK) 1500Kkal ditunjukkan oleh adanya penurunan berat badan terbanyak, penurunantersebut terjadi pada minggu ke-IV dengan jumlah penurunan sebesar 2,08 kgdalam satu bulan.

Saran dari peneliti adalah guna mendapatkan hasil yang optimal maka untukpenelitian selanjutnya disarankan agar sampel penelitian di kelompokkan dalamsatu tempat tinggal yang sama (Asrama, Karantina, dll) dengan diberi perlakuanyang sama agar proses pengontrolan dapat berjalan dengan mudah. Hasilpenelitian ini perlu diujikan kembali guna memastikan bahwa Lingkaran dietrendah kalori (DRK) 1500 Kkal tersebut benar-benar dapat digunakan sebagai alatuntuk membantu menurunkan berat badan tidak hanya pada wanita dewasapenderita obesitas saja tetapi juga untuk penderita obesitas lainnya.. Perlu adanyapengendalian atau pengontrolan yang ketat terhadap berbagai faktor penggangguseperti aktivitas, kondisi psikologis, cara pengolahan bahan makanan, infeksipenyakit dan waktu mengkonsumsi makanan.

Download

PENGARUH PENERAPAN LINGKARAN DIET RENDAH KALORI (DRK) 1500 KKAL TERHADAP PENURUNAN BERAT BADAN PADA WANITA DEWASA PENDERITA OBESITAS, 4.8 out of 5 based on 112 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets