Pengaruh Pengawasan Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Bagian Produksi Pelintingan di Perusahaan Rokok Kretek Sukun Mc Wartono Kudus

This item was filled under [ Ekonomi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (112 votes cast)

Skripsi jurusan ekonoomi: Pengaruh Pengawasan Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Bagian Produksi Pelintingan di Perusahaan Rokok Kretek Sukun Mc Wartono Kudus

Fauziyah Ani, 2005. Skripsi jurusan ekonomi, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Faktor manusia memegang peranan penting dalam mencapai hasil sesuaidengan tujuan perusahaan, karena betapapun sempurnanya peralatan kerja tanpaadanya tenaga manusia tidak akan berhasil memproduksi barang dan jasa sesuaidengan tujuan yang ingin dicapai. Penurunan produktivitas kerja Perusahaandisebabkan kurangnya pengawasan kerja dan kurangnya sikap disiplin kerja karyawan.Permasalahan :1) Adakah pengaruh pengawasan kerja dan disiplin kerja terhadapproduktivitaas kerja karyawan bagian produksi pelintingan?, 2) Seberapa besarpengaruh pengawasan kerja dan disiplin kerja terhadap produktivitas kerja karyawanbagian produksi pelintingan?. Tujuan : 1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruhpengawasan kerja dan disiplin kerja terhadap produktivitas kerja karayawan bagianproduksi pelintingan 2) Untuk menegtahui seberapa besar pengaruh pengawasan kerjadan disiplin kerja Terhadap produktivitas kerja karyawan bagian produksi pelintingan.

Alat pengumpulan data adalah angket dan dokumentasi. Data diolah denganmenggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi linier ganda. Populasiyang menjadi obyek penelitian adalah seluruh karyawan bagian produksi pelintinganyang berjumlah 59 karyawan, dan digunakan sebagai sempel.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengawasan kerja termasuk kategori baikdengan persentase 68,60%, disiplin kerja karyawan termasuk kategori baik denganpersentase 67,33% dan produktivitas kerja karyawan termasuk kategori cukup tinggidengan rata-rata hasil produksi tiap karyawan sebanyak 712 batang perjam. Dari hasilanalisis regresi ganda diperoleh persamaan regresi Y)= 181,033 + 11,110X1 +8,657X2. Uji keberartiannya menggunakan uji F diperoleh Fhitung = 46,487 dengansignifikansi 0,000. Karena harga signifikansi kurang dari 0,05 hal ini berarti adapengaruh antara pengawasan kerja dan disiplin kerja terhadap produktivitas kerjakaryawan bagian produksi pelintingan. Besarnya pengaruh tersebut secara simultanyaitu 62,4%, sisanya sebesar 37,6% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti,sedangkan besarnya pengaruh secara parsial dari pengawasan kerja adalah 29,92% dandisiplin kerja adalah 21,44%.

Disimpulkan : 1) Variabel pengawasan kerja mempunyai pengaruh yangsignifikan terhadap produktivitas kerja karyawan yang ditunjukkan pada uji signifikanyaitu t hitung > t tabel sebesar 4,889 > 2,00, hasil analisis deskriptif persentase sudahtermasuk dalam kategori baik yaitu 68,60% 2) Variabel disiplin kerja mempunyaipengaruh yang signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan yang ditunjukkanpada uji signifikan yaitu t hitung > t tabel sebesar 3,907 > 2,00, hasil analisis deskreptifpersentase kategori baik yaitu 67,33%

Saran : 1) Dalam rangka meningkatkan produktivitas kerja karyawan bagianproduksi pelintingan pada Perusahaan Rokok Kretek Sukun Mc Wartono Kudus dapatditempuh dengan meningkatkan variabel pengawasan kerja terutama pengawasanterhadap penyimpangan hasil kerja. Usaha peningkatan pengawasan ini lebih baiknyadilakukan secara langsung, karena dilihat dari cukup besarnya penyimpangan hasilkerja yang dilakukan karyawan. Dengan memantau secara langsung maka karyawansecara langsung dapat ditegur dan dapat memperbaiki kesalahan yang telah dilakukan.2) Pihak manajemen perusahaan hendaknya memperhatikan kembali kedisiplinan kerjakaryawan yang kurang baik yaitu dengan cara melakukan pendisiplinan padakaryawan, terutama pendisiplinan dalam hal berpakaian rapi, dan penggunaanperlengkapan atau peralatan. Usaha peningkatan pendisiplinan ini lebih baiknya dalamhal berpakaian rapi ini dilakukan dengan cara, perusahaan membuat seragam kerjauntuk karyawan, dan dalam hal penggunaan perlengkapan atau peralatan kerja inidilakukan dengan cara, setiap karyawan harus dilengkapi dengan alat linting saatbekerja dan dalam menggunakan alat linting kerja tersebut karyawan diberi tahu untukberhati-hati.

Download

Pengaruh Pengawasan Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Bagian Produksi Pelintingan di Perusahaan Rokok Kretek Sukun Mc Wartono Kudus, 4.8 out of 5 based on 112 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets