PENGARUH PENGGUNAAN BERBAGAI JENIS ALAT KONTRASEPSI TERHADAP FERTILITAS DI KABUPATEN TEMANGGUNG

This item was filled under [ Matematika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi Jurusan Matematika : PENGARUH PENGGUNAAN BERBAGAI JENIS ALAT KONTRASEPSI TERHADAP FERTILITAS DI KABUPATEN TEMANGGUNG

Fu’aida Hasanah . 2006.Skripsi, Jurusan Matematika ,FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM , UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2006

Jumlah penduduk akan dipengaruhi oleh banyaknya bayi yang lahir dan akan dikurangi oleh banyaknya kematian yang terjadi. Kenyataan menunjukkan kelahiran bayi tiap hari lebih banyak bila dibandingkan dengan banyaknya kematian. Apabila peristiwa ini terus-menerus berlangsung jumlah penduduk di Indonesia akan selalu bertambah. Agar pertumbuhan penduduk Indonesia dapat terkendali, maka pemerintah mencanangkan suatu gerakan Keluarga Berencana Nasional. Melalui program tersebut masyarakat diperkenalkan dengan berbagai jenis alat kontrasepsi yang dapat digunakan untuk mencegah terjadinya kehamilan yang tidak diinginkan.

Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, yaitu data yang sudah diolah kemudian dianalisis lanjut. Data diperoleh dari Badan Pusat Statistik yang bekerjasama dengan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional Kabupaten Temanggung tahun 2004. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh dari penggunaan berbagai jenis alat kontrasepsi terhadap fertilitas dan mengetahui besarnya pengaruh penggunaan berbagai jenis alat kontrasepsi tersebut di Kabupaten Temanggung.
Dalam penelitian ini digunakan variabel Xi dan Y. Dengan Xi (i=1, 2, 3, …, 6) menyatakan banyaknya pengguna jenis alat kontrasepsi dan Y menyatakan banyaknya kelahiran hidup (fertilitas) yang terjadi di Kabupaten Temanggung.
Dalam analisis data, uji statistik yang dipakai adalah uji normalitas untuk menguji kenormalan data, kemudian dilakukan uji keberartian regresi linier sederhana maupun ganda untuk mengetahui kesignifikansian persamaan regresi sederhana maupun ganda. Untuk mengukur besarnya kontribusi Xi secara bersama-sama terhadap Y digunakan uji koefisien determinasi ganda, sedangkan koefisien korelasi digunakan untuk mengetahui kontribusi masing-masing pengguna alat kontrasepsi terhadap fertilitas di Kabupaten Temanggung.
Berdasarkan analisis yang dilakukan diperoleh hasil bahwa data fertilitas merupakan data yang normal. Untuk analisis regresi linier ganda diperoleh Fhitung sebesar 3,702, dengan a = 5% akan diperoleh Ftabel sebesar 2,92. Karena Fhitung > Ftabel maka Ho ditolak, yang berarti persamaan regresi ganda adalah signifikan.
Dari analisis regresi ganda tersebut diperoleh nilai korelasi ganda sebesar 0,794. Dengan diperoleh nilai korelasi 0,794 berarti terdapat hubungan yang kuat antara pengguna berbagai jenis alat kontrasepsi terhadap fertilitas di Kabupaten Temanggung. Karena hubungan antara pengguna berbagai jenis alat kontrasepsi terhadap fertilitas kuat, maka diharapkan pemerintah melalui petugas-petugas kesehatan di daerah Temanggung terus melakukan penyuluhan agar masyarakat khususnya pasangan usia subur sadar dan menggunakan alat kontrasepsi sehingga kelahiran di Kabupaten Temanggung dapat terkendali.

Download

PENGARUH PENGGUNAAN BERBAGAI JENIS ALAT KONTRASEPSI TERHADAP FERTILITAS DI KABUPATEN TEMANGGUNG, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets